Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Prospek Kerja Hubungan Internasional, Ternyata Bukan Cuma Diplomat Saja

Kompas.com - 31/05/2022, 21:00 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu jurusan kuliah beken di Indonesia adalah Hubungan Internasional. Sebab, jika masuk jurusan ini kamu harus bisa berbahasa asing.

Yang paling wajib adalah menguasai bahasa Inggris. Sebab, ketika lulus kuliah nanti kamu akan bekerja sebagai seorang diplomat.

Tapi tunggu dulu, ternyata lulusan Jurusan Hubungan Internasional itu tak melulu sebagai diplomat saja. Sebab, prospek kerja dari jurusan ini sangat luas. Mau tahu? Tapi sebelumnya, bagi calon mahasiswa harus paham dulu apa itu Hubungan Internasional.

Baca juga: Begini 7 Cara Membuat Portofolio Lamaran Kerja dari KitaLulus

Melansir laman resmi KitaLulus, Senin (30/5/2022), Jurusan Hubungan Internasional atau HI ialah sebuah cabang keilmuan yang secara khusus mempelajari hubungan suatu negara.

Tak hanya itu, kamu juga bakal mempelajari aktivitas suatu organisasi, perusahaan, hingga individu yang memang memiliki dampak pada suatu kegiatan lintas negara.

Namun, lulusan dari jurusan ini dibentuk agar bisa go international. Maka, mahasiswa juga dituntut paham akan isu global. Apalagi yang menyangkut keterlibatan antarnegara.

Jadi, apakah kamu berniat ambil Jurusan Hubungan Internasional? Jika kamu suka dengan dunia politik dan komunikasi, maka jurusan ini cocok untuk kamu.

Hanya saja, karena jurusan ini salah satu jurusan favorit, maka persaingan untuk masuk jurusan ini juga sangat ketat, terlebih di perguruan tinggi negeri (PTN).

Skill yang harus dikuasai

Akan tetapi, kamu juga harus memiliki skill yang mumpuni jika sudah lulus nanti, seperti:

  • Berkomunikasi, terutama penguasaan bahasa Inggris
  • Berpikir kritis untuk berdialog dengan orang-orang penting
  • Mampu menganalisa berbagai isu-isu global terkini
  • Mampu bernegosiasi
  • Bisa memecahkan berbagai masalah

10 prospek kerja Hubungan Internasional

1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Biasanya, lembaga pemerintah yang membutuhkan jurusan ini adalah Kementerian Luar Negeri. Tetapi juga lembaga yang lain juga banyak yang membutuhkan lulusan HI.

Bahkan beberapa BUMN juga membutuhkan. Sedangkan rentang gajinya antara Rp 4.000.000 – Rp 8.000.000 per bulan. Gaji bulanan tersebut tentu saja belum termasuk tunjangan dan bonus yang akan datang sewaktu-waktu.

Baca juga: Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar

2. Diplomat

Sedangkan diplomat adalah seseorang yang menjadi perwakilan dari pemerintahan suatu negara untuk negara tertentu. Beberapa tugas yang diemban diplomat yaitu:

  • representing
  • protecting
  • negotiating
  • promoting
  • reporting

Gaji seorang diplomat antara Rp 4.000.000 – Rp 15.000.000. Gaji tersebut belum termasuk tunjangan dan seluruh fasilitas yang disediakan oleh negara.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com