Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

USK bersama UPN Veteran Jakarta Sepakat Kembangkan Pendidikan Dokter

Kompas.com - 31/05/2022, 10:20 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Syiah Kuala (USK) dan UPN Veteran Jakarta sepakat menjalin kerja sama dalam upaya pengembangan Pendidikan Dokter.

Hal ini ditandai dengan kunjungan kerja Rektor USK, Prof. Marwan ke UPN Veteran Jakarta pada Jumat (27/5/2022).

Baca juga: Punya Perut Buncit? Ini Obatnya dari Pakar IPB

Dalam kunjungan kerja tersebut, Rektor USK disambut oleh Rektor UPN Veteran Jakarta, Dr. Erna Hernawati, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama UPN Veteran Jakarta, Dr. Ria Maria Theresa, dan Kepala Lembaga Pengembangan Pendidikan, dan Penjaminan Mutu (LPPPM) UPN Veteran Jakarta, Satria Yudhia W.

Sementara dari pihak USK turut hadir Wakil Dekan I Fakultas Kedokteran, Dr. Safrizal Rahman dan Direktur Rumah Sakit Pendidikan USK, Iflan Nauval.

Prof. Marwan menjelaskan, dalam pertemuan tersebut ada beberapa hal penting yang dibahas terkait upaya pengembangan pendidikan dokter.

"Di antaranya adalah, strategi dalam meraih akreditasi unggul untuk institusi UPN Veteran, serta penguatan kerja sama dalam pengembangan pendidikan dokter spesialis," kata dia melansir laman USK, Senin (30/5/2022).

Prof. Marwan juga mengungkapkan, saat ini perkembangan pendidikan dokter di USK sudah sangat baik.

Baca juga: Virus Hendra Berpotensi Jadi Pandemi, Ini Kata Epidemiolog Unair

Pada tahun ini, Mahasiswa FK USK berhasil meraih nilai tertinggi urutan pertama di tingkat nasional, pada Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD).

Sementara terkait pendidikan dokter spesialis, saat ini USK melalui Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) yang telah memiliki 12 program studi (Prodi) Pendidikan Dokter Spesialis.

Termasuk di antaranya adalah Bedah Pelastik Rekonstruksi dan Orthopedi dan Traumatologi.

Menurut Rektor, keberadaan pendidikan spesialis di USK ini telah berperan penting untuk memenuhi kebutuhan dokter spesialis pada berbagai kabupaten/kota di Aceh.

"Maka kita berharap hubungan kerja sama antara USK dan UPN Veteran Jakarta ini, dapat memberi manfaat yang luas, dalam upaya pengembangan ilmu kedokteran di Indonesia," jelas Rektor USK.

Dalam pertemuan dengan UPN Veteran Jakarta, Prof. Marwan juga mengunjungi Laboratorium Hyperbaric Chamber dan sempat berdiskusi dengan Ahli Terapi Oksigen Hiperbarik Indonesia, Prof. Guritno Suryokusumo.

Baca juga: Mahasiswanya Ditangkap Densus 88, UB Buka Suara

Kerja sama riset dan pengembangan dosen di bidang terapi hiperbarik menjadi bidang disepakati kedua pihak untuk segera ditindaklanjuti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com