Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITS Resmi Membuka Program Studi Sains Manajemen

Kompas.com - 30/05/2022, 13:06 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pendidikan menjadi salah satu kunci penting dalam meningkatkan kualitas manusia. Melihat hal tersebut, Departemen Manajemen Bisnis (MB) dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) secara resmi menghadirkan Program S2 Magister Sains Manajemen (MSM).

Program baru tersebut menjadi upaya ITS dalam memberikan pendidikan berkualitas bagi para mahasiswa maupun calon mahasiswanya.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Pascasarjana MB ITS, Muhammad Saiful Hakim mengatakan, program ini diharapkan dapat membentuk lulusan yang terampil dalam bidang akademik.

Menurut Saiful, S2 MSM ITS memiliki keunikan sendiri yang membedakan dengan Magister Manajemen Teknologi. (MMT) ITS. Berbeda dengan MMT ITS yang bersifat practical-oriented, MSM ITS lebih academic-oriented.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

“Persamaan yang kami hitung antara MMT ITS dengan MSM ITS adalah sebesar 11 persen,” jelasnya seperti dilansir dari laman ITS.

Ia juga menambahkan bahwa MSM ITS menawarkan spesialisasi ilmu manajemen bisnis dibandingkan institusi lainnya.

Dosen Departemen MB ITS tersebut turut menambahkan bahwa tesis yang dihasilkan oleh MSM ITS dan MMT ITS akan memiliki perbedaan signifikan.

Judul tesis MSM ITS cenderung mengembangkan keilmuan yang dapat diaplikasikan pada beberapa perusahaan, sedangkan tesis MMT ITS lebih mengarah pada penyelesaian suatu permasalahan spesifik di suatu perusahaan yang ada dalam filosofi riset bisnis.

Lebih lanjut, Saiful mengatakan bahwa lulusan MSM ITS nantinya diharapkan dapat bekerja di berbagai bidang menjanjikan, seperti konsultan bisnis, peneliti, wirausahawan, dan berbagai profesi lainnya.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

“Tentu terdapat beberapa syarat untuk lulus di program ini, seperti mampu menghasilkan tesis, menghasilkan produk penelitian ternama, dan syarat-syarat lainnya,” paparnya.

Berjumlah 40 satuan kredit semester (SKS), MSM ITS memiliki beberapa mata kuliah pilihan nan menarik. Di antaranya adalah manajemen keuangan internasional, pemasaran antar bisnis, manajemen rantai pasok, analisis investasi, dan beberapa mata kuliah lainnya.

“MB ITS siap untuk mendidik dan membimbing para mahasiswa S2 nantinya dengan dosen yang kompeten dan fasilitas yang memadai,” ujarnya.

Di akhir kesempatan, Saiful berharap bahwa S2 MSM ITS nantinya akan menciptakan lulusan berkualitas bagi masyarakat. “Kami berharap dengan terwujudnya program studi ini, banyak calon mahasiswa yang semakin antusias untuk melanjutkan studi mereka, khususnya di bidang manajemen bisnis,” tandasnya dengan penuh harap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com