Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Digital Skill yang Dibutuhkan di Masa Depan

Kompas.com - 29/05/2022, 13:58 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kini, masyarakat sudah semakin dekat dengan dunia digital. Hal ini karena perkembangan teknologi begitu pesat hingga muncul teknologi yang baru.

Karena itu, sebagian orang dibutuhkan untuk memanfaatkan teknologi. Tetapi, tidak semua orang punya kemampuan tersebut.

Digital skill adalah kemampuan dalam memahami, menggunakan, dan memanfaatkan teknologi perangkat digital dalam mengakses dan mengelola informasi.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Lho Perbedaan Jurusan Geomatika dan Geofisika

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, menjadikan digital skill sebagai suatu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki.

Bahkan kini banyak perusahaan mulai bertransformasi ke ranah digital. Itu berarti kesempatan untuk menjalani karier profesional dengan digital skill juga semakin terbuka lebar jika dibandingkan beberapa tahun yang lalu.

Tak heran jika saat ini juga ada cukup banyak posisi pekerjaan yang belum pernah kita ketahui sebelumnya, seperti data analyst and scientist atau big data specialist.

Terlebih jika kamu ingin menjalani pekerjaan profesional, maka harus punya skill tersebut, yakni digital skill. Bagi calon mahasiswa atau mahasiswa tentu harus paham.

Melansir laman Quipper Campus, ini 5 digital skill yang dibutuhkan di masa depan:

1. Internet of things

Internet of things atau IoT merupakan suatu konsep yang memungkinkan untuk membangun sistem yang mengintegrasikan berbagai device atau peralatan dan dapat dikendalikan dengan mudah.

Adapun implementasi IoT juga semakin berkembang seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya teknologi internet, sebab yang menjadi kunci utama dari terealisasinya internet of things adalah ketersediaan jaringan internet yang stabil.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Yuk Mengenal Prodi Teknik Lepas Pantai ITS

2. Data analytics

Data analytics adalah kemampuan dalam melakukan pemeriksaan dan pengolahan data dari berbagai sumber untuk menghasilkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan.

Sementara pemanfaatannya bukan hanya pada sektor industri, tetapi juga banyak digunakan dalam membantu pengembangan suatu bisnis.

3. Web development

Untuk skill web development adalah suatu kemampuan dalam membangun, memelihara, dan mengembangkan suatu website. Orang-orang yang memiliki kemampuan tersebut disebut web developer.

Web developer itu ada beberapa jenis. Sebutannya dibedakan sesuai wilayah development yang dilakukan. Jenis-jenisnya yaitu front-end developer, back-end developer, full-stack developer, dan mobile developer.

Baca juga: Perbedaan PTN dan PTS, Calon Mahasiswa Wajib Paham

Banyak perusahaan mempekerjakan web developer untuk melakukan ekspansi bisnis ke ranah digital. Dengan bantuan web developer, perusahaan dapat membuat dan mengembangkan produk digital yang dimiliki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com