Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Guru Besar UPI Paparkan 3 Komponen Penting untuk Implementasikan Pendidikan Manajemen

Kompas.com - 29/05/2022, 09:15 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam Bidang Ilmu Pendidikan Manajemen pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) Nani Sutarni memaparkan tiga komponen pengetahuan yang harus dimiliki dosen dalam melaksanakan pendidikan manajemen.

“Pertama, content knowledge (CK) merupakan pengetahuan dosen terkait dengan bidang studinya,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Untuk pendidikan manajemen, lanjut Nani, setidaknya beberapa disiplin ilmu manajemen perlu dikuasai.

Adapun disiplin ilmu manajemen yang harus dikuasai, antara lain manajemen sumber daya manusia (SDM), manajemen operasi, manajemen pemasaran, manajemen perkantoran, manajemen strategis, manajemen mutu, manajemen perubahan, serta sistem informasi dan komunikasi.

 Baca juga: 6 Industri Siap Dukung Pendidikan Vokasi untuk Lahirkan SDM Unggul

Pernyataan tersebut Nani sampaikan saat menyampaikan pidato tentang “Arah Pendidikan Manajemen Abad 21” dalam acara pengukuhannya secara resmi oleh Rektor UPI di Kampus UPI pada Kamis, (19/5/2022).

Komponen kedua, kata dia, yaitu pedagogical knowledge (PK) atau pengetahuan tentang teori dan praktik belajar mengajar. Pengetahuan ini mencakup pemahaman peserta didik, tujuan, strategi dan metode pembelajaran, serta penilaian.

“Dengan komponen PK, dosen diharapkan dapat memahami secara mendalam tentang bagaimana mahasiswa memahami dan mengkonstruksi pengetahuan, sikap, dan keterampilan,” ucap Nani.

Ketiga, lanjut dia, technological knowledge (TK) adalah dasar-dasar teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran.

 Baca juga: Dukung Kampus Merdeka, UT Optimalkan Rekognisi Pembelajaran Lampau

Dasar teknologi tersebut di antaranya pemanfaatan software, program animasi, internet akses, laboratorium virtual.

Untuk itu, imbuh Nani, dosen harus memahami, menguasai pemrosesan informasi, serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran.

Ia menjelaskan technological pedagogical and content knowledge (TPACK) merupakan suatu rangkaian sistemis dalam pembelajaran, di mana kemampuan penguasaan teknologi terintegrasi dengan komponen-komponen penyusun substansi (content), pedagogik (P), dan pengetahuan teknologi (TK).

“TPACK mensyaratkan terjadinya multi interaksi antar komponen itu yakni materi pelajaran, pedagogi dan teknologi bersinergi dalam perwujudan pendidikan manajemen abad 21,” ucap Nani.

Baca juga: Pengertian Manajemen Talenta dan Tujuannya

Menurutnya, dosen memegang peran penting dalam mengarahkan keterampilan mahasiswa agar tidak “tersesat” dalam arus informasi yang tidak penting. Mahasiswa diharapkan dapat melakukan filter atas sejumlah informasi yang tidak berfaedah.

Pasalnya, dinamika kehidupan saat ini dan masa depan sangat kompleks dan lebih menantang. Apalagi teknologi berkembang sangat cepat. Hal ini berdampak pada munculnya bulk of deceitful information atau sejumlah informasi yang menyesatkan.

Pendidikan manajemen berkembang pesat

Seiring dengan perkembangan teknologi, Nani mengungkapkan bahwa pendidikan manajemen telah mengalami perkembangan pesat selama lebih dari satu abad.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com