Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/05/2022, 11:14 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siapa bilang sekolah di SMK tak keren? Padahal, kini banyak lulusan SMK punya prestasi membanggakan hingga dikenal di manca negara.

Apalagi saat ini dunia digital berkembang pesat. Transformasi digital yang berkembang saat ini telah melahirkan beragam profesi baru. Adapun tren kompetensi pendukung yang berkembang di antaranya adalah bidang animasi.

Alhasil, menjadi seorang animator kini menjadi salah satu impian profesi dari generasi milenial hingga generasi Z untuk mengasah kreativitas serta menuangkannya dalam bentuk karya animasi.

Baca juga: Ini 4 Keuntungan Siswa SMK Ikut D2 Fast Track

Bagi yang ingin sekolah di SLTA dan ternyata punya keinginan untuk menjadi animator, maka bisa sekolah di SMK.

Sekarang, banyak pendidikan vokasi yang menyediakan jurusan animasi, mulai dari jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) hingga perguruan tinggi.

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Jumat (27/5/2022), berikut 5 SMK yang memiliki jurusan animasi:

1. SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus

SMK yang berada di Jalan Sukun Raya Nomor 09, Desa Besito, Kecamatan Gebog, Kudus, Jawa Tengah ini dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang siswa.

Tentu untuk memiliki kompetensi bidang animasi yang mampu bersaing global, mulai dari ruang tempat produksi film, bioskop mini, hingga studio musik.

Beberapa karyanya, bahkan mampu memperoleh penghargaan internasional, semisal Unstring Your Heart, Googoo Galaxy, dan Sabda Alam.

Baca juga: 5 SMK Jurusan Tari di Indonesia, Salah Satu Alumnusnya Main Film “KKN di Desa Penari”

2. SMKN 4 Madiun

Sedangkan SMK yang terletak di salah satu kota kecil di Jawa Timur ini juga ternyata mampu melahirkan SDM unggul dari jurusan animasi.

Terbukti, salah satu lulusannya, Muhammad Iksan, bahkan mendirikan perusahaan animasi berskala internasional.

Meski jurusan animasi di SMKN 4 Madiun terbilang baru, adanya Iksan yang mampu menembus pasar global hingga memiliki klien dari Eropa tersebut membuktikan adanya keberhasilan pembelajaran siswa SMK jurusan animasi.

3. SMKN 1 Ciomas

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com