Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UB Buka Jalur Nilai Rapor 2022, Simak Syarat, Biaya, Jadwal

Kompas.com - 18/05/2022, 08:33 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya Jalur Nilai Rapor telah dibuka. Calon peserta bisa melakukan pendaftaran secara online sampai 24 Juni 2022 pukul 23.59 WIB.

Dilansir dari laman resmi UB, Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) ini merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya.

Menggunakan nilai rapor serta prestasi akademik dan non-akademik, siswa akan diseleksi secara ketat oleh UB.

Jalur Nilai Rapor ini bisa diikuti oleh Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020, 2021, dan 2022, Setiap pendaftar hanya dapat memilih maksimal dua program studi dari kelompok saintek atau kelompok soshum.

Baca juga: Seleksi Jalur Mandiri Unpad 2022, Cek Syarat, Biaya dan Materi Ujian

Aturan mengenai SMUB Jalur Nilai Rapor dituangkan dalam Pengumuman Nomor : 6176/UN10/PP/2022 Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya Jalur Nilai Rapor Tahun 2022 yang ditandatangani Rektor Universitas Brawijaya, Prof Nuhfil Hanani AR.

Berikut persyaratan lengkap Seleksi Mandiri Jalur Nilai Rapor Universitas Brawijaya:

Persyaratan SMUB Jalur Nilai Rapor 2022

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020, 2021 dari sekolah terakreditasi yang sudah memiliki ijazah

3. Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2022 dari sekolah terakreditasi wajib memiliki SKL (Surat Keterangan Lulus) atau Surat Keterangan Kelas XII yang ditandatangani Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto). Adapun ukuran foto pada surat keterangan menyesuaikan format masing-masing sekolah. Lulusan Tahun 2022 yang nantinya dinyatakan diterima wajib mengunggah dokumen kelulusan (SKL/Ijazah) pada saat registrasi, siswa yang tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan maka akan dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya

4. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri wajib memiliki surat penyetaraan ijazah dari Kemdikbud

5. Memiliki NISN yang terdaftar NPSN

6. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya

Pilihan Program Studi SMUB Jalur Nilai Rapor 2022

Program studi yang ditawarkan terdiri dari tiga kelompok yaitu kelompok saintek, kelompok soshum dan campuran. 

Setiap pendaftar hanya dapat memilih maksimal dua program studi dari kelompok saintek atau kelompok soshum dan memenuhi syarat dari masing-masing program studi pada Kelompok PS D3, D4 atau Sarjana. 

Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA dapat memilih dua program studi campuran yaitu 1 (satu) kelompok saintek dan satu dari kelompok soshum. atau keduanya dibidang saintek atau soshum kelompok PS D3, D4 atau Sarjana. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com