Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang HUT ke-42 Perpusnas, Kepala Perpusnas Tegaskan Soal Transformasi Digital

Kompas.com - 14/05/2022, 13:31 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Hari Buku Nasional tanggal 17 Mei 2022 sekaligus menjadi penanda usia Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI yang akan genap berusia 42 tahun. Tahun ini Perpusnas mengusung tema "Transformasi Perpustakaan untuk Mewujudkan Ekosistem Digital Nasional".

Melalui rilis resmi (14/5/2022) Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando menjelaskan, tagline ini menjadi sangat relevan untuk menghadapi revolusi industri 4.0, di mana dalam beberapa tahun belakangan Perpusnas terus beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi.

“Perpustakaan sebagai sarana untuk penyediaan sumber belajar sepanjang hayat dan berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dituntut memiliki pembangunan kapasitas, rancangan dan interaktivitas, serta perubahan pola pikir,” jelas Syarif Bando.

"Inovasi pemikiran jauh lebih dahsyat daripada perang fisik. Tanpa bahan bacaan yang kuat, kita tidak akan punya kekuatan berpikir. Maka pada perayaan HUT ke-42 ini, Perpusnas ingin mengajak semua pihak untuk bisa menyediakan bahan bacaan," lanjutnya.

Kepala Perpusnas juga meyakini budaya baca menjadi akar kreativitas dan inovasi. Karena menurutnya, tak ada satupun teori yang dapat menginjeksi otak manusia untuk menjadi cerdas. Caranya, hanyalah dengan membaca.

"Saat ini, Perpusnas banyak menyediakan ilmu terapan berupa tutorial, yang dibuat dalam aplikasi, lalu di-share," jelasnya.

Transformasi perpustakaan

Lebih jauh Kepala Perpusnas menjelaskan, transformasi perpustakaan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) merupakan hal yang dibutuhkan untuk menjangkau seluruh masyarakat.

Perpusnas melakukan sejumlah inovasi melalui penerapan teknologi informasi sebagai sarana pendukung dalam aktivitas mendapatkan, menyimpan, dan menyebarluaskan informasi dalam kompleksitas layanan perpustakaan yakni:

Baca juga: Perpusnas Targetkan 1 Juta Kreator Konten Tampil di Pusat Informasi Perpusnas

1. Indonesia OneSearch (IOS)

Merupakan satu pintu pencarian untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip, dan sumber elektronik di Indonesia.

Perpusnas sebagai pusat jejaring serta pusat referensi dan penelitian yang berbentuk sebuah portal web terintegrasi data bibliografis dan fulltext dari berbagai perpustakaan di Indonesia.

2. Aplikasi perpustakaan digital (iPusnas)

Adalah aplikasi perpustakaan digital berisi koleksi e-Book yang dapat dipinjam dan dibaca melalui sistem operasi dan perangkat komputer seperti gawai, dan desktop/laptop.

Konten digital terkait dengan Digital Right Manajemen (DRM) yaitu mengatur siapa yang membaca, apa yang dibaca, kapan dibaca, bagaimana membacanya, berapa banyak bisa dibaca, dan variabel lainnya.

3. Layanan e-Resources

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com