Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unand Buka Kuota 2.814 Mahasiswa Baru dari Ajang UTBK-SBMPTN 2022

Kompas.com - 12/05/2022, 10:19 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Andalas (Unand) mengaku akan menerima 2.814 mahasiswa baru dari ajang Ujian Tulis Berbasis Komputer - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022.

"Kuota 2.814 mahasiswa baru setara 40 persen dari total daya tampung 7.035 orang yang dibuka Unand untuk tahun akademik 2022/2023," kata Wakil Rektor I Unand, Prof. Mansyurdin melansir laman Unand, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: SKB 4 Menteri Terbaru Bolehkan Sekolah Jalani PTM 100 Persen

Di ajang UTBK, kata dia, ada 11.398 peserta yang akan mengikuti UTBK-SBMPTN 2022 di Unand.

Pelaksanaan UTBK di Unand, akan selesai dalam satu gelombang yakni dari tanggal 17 - 23 Mei 2022.

Dia menyebutkan, Unand menyediakan 22 lokasi UTBK, baik yang ada di Kampus Limau Manis maupun Kampus Unand Jati seperti Dekanat Kesehatan Masyarakat (Kesmas) dan Labor Komputer Fakultas Kedokteran Gigi (FKG).

"Untuk memudahkan menemukan lokasi ujian peserta bisa melakukan scan barcode (klik di sini) dan juga disarankan untuk melihat lokasi ujian sehari sebelum dimulai," ujar Prof. Mansyurdin.

Dia mengaku, banyak calon mahasiswa yang sering salah lokasi ujian, seperti D3 Ekonomi dengan Fakultas Ekonomi atau kampus limau manis dengan jati, sehingga menjadi terlambat masuk ruangan.

"Pada akhirnya peserta itu tidak fokus dalam menyelesaikan ujian," jelas dia.

Baca juga: SKB 4 Menteri Terbaru: PTM 100 Persen bisa Dihentikan karena Hal Ini

Peserta, lanjut dia, harus membawa beberapa persyaratan seperti di bawah ini:

1. Kartu Tanda Peserta Ujian.

2. Fotokopi ijazah SMA/SMK/MA atau sederajat dan sudah dilegalisasi atau Surat Keterangan sedang duduk di kelas 12 dari Kepala Sekolah yang dilengkapi dengan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dan dibubuhi cap sekolah.

Untuk pakaian peserta UTBK, harus memakai pakaian yang rapi dan sopan, memakai sepatu, dan tidak dibenarkan memakai kaos oblong.

"Selain itu, peserta diwajibkan memakai masker dan Universitas Andalas juga akan menyediakan dokter, perawat serta ambulance selama pelaksanaan ujian," ungkap dia.

Untuk pengumuman hasil UTBK-SBMPTN akan diumumkan melalui laman utama http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau juga melalui laman http://sbmptn.unand.ac.id pada 23 Juni 2022 mendatang.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: PTM Terus Jalan di Tengah Ada Kasus Hepatitis Akut

"Bagi calon mahasiswa, untuk melihat info resmi terkait PMB ini dapat mengunjunggi laman http://pmb.unand.ac.id atau bisa melalui laman http://ltmpt.ac.id, dan juga bisa bertanya pada medsos resmi Unand, baik Instagram, Facebook, Twitter @unandofficial," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com