Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2022, 20:18 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Jember (Unej) tengah menyiapkan program beasiswa jenjang magister (S2) dan doktoral (S3) khusus bagi perempuan asal Afghanistan.

Program ini sejalan dengan kebijakan pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri yang akan memberikan beasiswa bagi perempuan Afghanistan.

Baca juga: UM Buka Kuota 3.851 Mahasiswa dari Jalur Mandiri

Menurut Rektor Unej Iwan Taruna, peserta program beasiswa perempuan Afghanistan bisa memilih seluruh program studi jenjang magister yang ada, bahkan jika memenuhi syarat terbuka peluang mengikuti pendidikan program doktoral.

"Untuk tahap pertama ini, Unej memberikan kuota untuk 20 orang perempuan Afghanistan," ucap dia melansir laman Unej, Kamis (5/5/2022).

Dia mengaku, keikutsertaan Kampus Tegalboto dalam program pendidikan bagi perempuan Afghanistan dilatarbelakangi keinginan untuk membantu negara yang baru saja dilanda turbulensi politik hebat itu.

Unej, sebut dia, ingin turut berkontribusi bagi pembangunan Afghanistan, khususnya dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang diharapkan akan aktif memperbaiki kondisi negaranya.

"Dan saya yakin perempuan adalah salah satu tulang punggung pembangunan bangsa, oleh karena itu perempuan pun berhak mendapatkan pendidikan yang layak. Oleh karena itu kami tak ragu mengalokasikan kursi bagi perempuan Afghanistan, termasuk jika ternyata ada yang ingin mendaftarkan diri di jenjang sarjana," tutur dia.

Saat ini, dia mengaku, kesediaan Unej untuk menerima calon mahasiswi asal Afghanistan sudah dikirimkan ke Kementerian Luar Negeri.

Baca juga: Pakar Unair Bagi 5 Tips Jaga Pola Makan Pasca Ramadhan

Unej dalam hal ini menunggu hasil perundingan lanjutan antara Kementerian Luar Negeri dengan pemerintah Afghanistan.

Oleh karena itu, dia berharap jika perempuan Afghanistan jadi kuliah di Indonesia khususnya di Jember, maka diharapkan tidak hanya sekedar menuntut ilmu, tapi bisa melihat dari dekat bagaimana perempuan di Indonesia turut aktif membangun bangsa dan negaranya.

"Semoga kondisi sosial budaya Indonesia, khususnya Jember akan memberikan inspirasi bagi mahasiswi asal Afghanistan yang nanti memanfaatkan program beasiswa ini. Kami menyiapkan beasiswa berupa pembebasan Uang Kuliah Tunggal dan menyediakan fasilitas pendukung seperti lokasi tinggal selama di Jember. Sementara biaya hidup rencananya akan diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri," jelas dia.

Dari data yang ada, terdapat 43 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang akan bergabung menyukseskan program beasiswa bagi perempuan Afghanistan.

Untuk diketahui, sebelumya pada Januari 2022, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam sebuah wawancara dengan media menegaskan komitmen Indonesia untuk membantu pemulihan kondisi Afghanistan.

Salah satu syaratnya adalah meminta pihak Taliban selaku penguasa Afghanistan saat ini untuk menghormati Hak Asasi Manusia (HAM) termasuk didalamnya penghormatan terhadap hak-hak perempuan Afghanistan.

Selain memberikan bantuan kemanusiaan, Indonesia dan negara lainnya mengusahakan berbagai program pemberdayaan bagi perempuan Afghanistan. Dan salah satunya adalah program beasiswa pendidikan bagi perempuan Afghanistan.

Baca juga: Sekolah di Jakarta, Jabar, dan Banten Tambah Libur hingga 11 Mei

Nantinya program beasiswa bagi perempuan Afghanistan ini dibagi dua, yakni memberikan kesempatan bagi perempuan Afghanistan untuk kuliah di Indonesia atau memberikan berbagai pelatihan bagi prempuan Afghanistan di negaranya sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com