Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Ini 5 Masjid Unik di Indonesia karena Gaya Arsitekturnya

Kompas.com - 04/05/2022, 06:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia dikenal sebagai negara dengan mayoritas masyarakat yang menganut agama Islam. Tentu, agama ini sudah lama masuk sebelum Indonesia didirikan.

Tak heran jika banyak bangunan masjid yang tersebar di seluruh Indonesia sebagai tempat untuk beribadah. Disamping itu, bentuk bangunan masjid juga sangat unik.

Tetapi selain menjadi tempat ibadah, masjid juga bisa jadi destinasi wisata turis dengan kearifan lokal serta keunikannya tersendiri.

Baca juga: Pakar Gizi UB: Ini 4 Pola Makan Sehat Saat Lebaran

Tak sedikit masjid di Tanah Air yang memiliki gaya bangunan arsitektur yang unik nan menarik. Kira-kira masjid mana saja yang memiliki keunikan pada gaya arsitekturnya?

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Senin (2/5/2022), berikut ini daftar masjid unik di Indonesia karena gaya arsitekturnya yang bisa menambah wawasan siswa:

Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid Raya Sumatra Barat terletak di ibukota Provinsi Sumatera Barat, yakni Padang. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Mahligai Minang.

Hal yang membuat masjid ini unik adalah gaya arsitekturnya yang sangat mencirikan kearifan lokal arsitektur Sumatra Barat, yaitu Rumah Gadang.

Selain kubah masjidnya yang berbentuk layaknya Rumah Gadang, terdapat empat sudut lancip di atap masjid dengan bangunannya yang berbentuk gonjong. Ditambah lagi, ukiran Minang dan kaligrafi pada dinding bagian luar yang menyempurnakan keseluruhan arsitektur masjid.

Masjid Agung An Nur

Masjid Agung An Nur berada di kota Pekanbaru provinsi Riau. Siswa SMP akan langsung mengetahui ke mana gaya arsitektur masjid ini berkiblat. Dari gaya bangunannya, Masjid An Nur mengadopsi desain arsitektur Taj Mahal di India.

Baca juga: Sejarah Hari Buruh Sedunia, Siswa Sudah Paham?

Selain itu, sentuhan Melayu yang kental juga bisa dirasakan berkat pemilihan warna hijau yang mendominasi bangunan masjid dan motif kubah serupa kain hias berlapis warna emas dalam songket Melayu.

Tak hanya itu saja, pengunjung juga akan dibuat terkesima dengan kehadiran beranda dalam masjid, seperti yang biasanya menjadi salah satu ciri khas rumah panggung ala Melayu.

Masjid Menara Kudus

Beralih ke Pulau Jawa ada terdapat sebuah masjid yang ikonik dengan gaya arsitektur cukup unik, yaitu Masjid Kudus yang berada di kota Kudus, Jawa Tengah.

Adapun desain dari Masjid Kudus merupakan sebuah akulturasi yang memadukan antara agama Hindu, Buddha, dan Islam.

Keunikannya terletak pada desain masjid yang memiliki prasasti, gapura, menara dengan ukiran khas Jawa Kuno-Hindu, dan juga pancuran untuk wudhu yang diletakkan di arca. Wah sangat memadukan unsur-unsur ketiga agama tersebut.

Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya

Terletak di kota Surabaya, Jawa Timur, Masjid Muhammad Cheng Ho menganut desain arsitektur bergaya kelenteng ala Tiongkok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com