Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keuntungan Pilih Jurusan Sastra Inggris, Prospek Kerja Luas

Kompas.com - 03/05/2022, 14:18 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era globalisasi saat ini, lulusan sarjana perlu memiliki kompetensi agar bisa cepat diserap dunia kerja.

Salah satu yang penting untuk dikuasai adalah bahasa asing. Salah satu bahasa internasional yang wajib dikuasai agar cepat diserap dunia kerja adalah bahasa Inggris.

Jurusan kuliah yang berhubungan dengan bahasa Inggris pun banyak dipilih oleh para siswa. Bagi kamu yang mengaku jatuh cinta dengan bahasa Inggris, ada banyak keuntungan memilih jurusan English Literature alias Sastra Inggris.

Lulusan jurusan ini ternyata punya kesempatan bekerja yang sangat luas. Tidak hanya sebatas penerjemah saja, tetapi juga profesi kelas atas seperti diplomat dan profesi lain yang banyak dicari di era industri 4.0 ini, yaitu pekerja kreatif.

Baca juga: Medion Farma Jaya Buka Lowongan Kerja bagi D3-S1 Fresh Graduate

Prospek kerja jurusan Sastra Inggris

Melansir dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Selasa (3/5/2022), berikut prospek kerja dari jurusan Sastra Inggris.

Bahasa Inggris saat ini sudah mendominasi semua aspek khususnya di bidang komunikasi. Sebagai lulusan English Literature, berbagai bidang pekerjaan berikut bisa jadi pilihan kamu:

1. Penerjemah

Tentu saja, kamu punya kesempatan besar sebagai penerjemah tersumpah, baik dalam bentuk lisan maupun dokumen tertulis. Beberapa contoh dokumen yang kerap membutuhkan jasa penerjemah adalah:

  • Dokumen finansial: profil perusahaan, form pajak, dan lain sebagainya.
  • Dokumen akademis: piagam, ijazah, SKHUN, dan lain sebagainya.
  • Dokumen legal: SIUP, Akta PKPS, dan lain sebagainya.
  • Dokumen teknis: AMDAL, SOP, konten website, dan lain sebagainya.
  • Dokumen pribadi: KK, Akta, dan lain sebagainya.

Baca juga: Yuk Intip Jurusan Kuliah 5 Orang Terkaya di Indonesia

2. Pengajar

Lulusan jurusan Sastra Inggris sangat bisa menjadi tenaga pengajar bahasa Inggris. Contoh profesi yang bisa kamu tekuni adalah dosen, guru, atau tutor kursus dan lembaga pendidikan. Kamu juga bisa membuka jasa mengajar les private dari rumah ke rumah.

3. Penulis

Selama kuliah, mahasiswa Sastra Inggris akan aktif menciptakan, menelaah, dan mengembangkan karya-karya fiksi serta non-fiksi. Skill yang terus terlatih ini membuka jalan menuju prospek karier sebagai penulis. Kamu bisa menjadi jurnalis, penulis konten, copywriter, hingga penulis buku.

4. Editor

Kebutuhan industri kreatif akan profesi seorang editor kian tinggi. Mulai dari mengedit artikel Inggris hingga naskah terjemahan, pekerjaan ini sangat tepat untuk lulusan English Literature.

5. Pemandu Wisata

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com