Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi Gizi UAI: Ini 6 Tips Menurunkan Berat Badan

Kompas.com - 03/05/2022, 13:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siapa yang ingin punya berat badan ideal? Tentunya, setiap orang tak ingin punya tubuh gemuk. Jika berat badan ideal, maka tubuh akan lebih sehat.

Namun, apakah berat badan bisa turun dan dapat jadi kurus? Tentu semua bisa terjadi asal ada kemauan untuk menurunkan berat badan.

Melansir laman Universitas Al Azhar Indonesia, Prodi Gizi memberikan penjelasan mengenai berat badan ideal. Sebenarnya, ideal atau tidaknya berat badan itu ditentukan oleh jumlah energi yang masuk dan energi keluar yang digambarkan dalam bentuk kalori.

Baca juga: Siswa Ingin Jaga Imun? Rempah Ini Kaya Manfaat, Bonus Berat Badan Turun

Adapun energi yang masuk didapatkan dari makanan dan minuman yang kita konsumsi, sedangkan energi yang keluar adalah energi yang dibutuhkan untuk metabolisme basal (menjalankan fungsi organ tubuh), pencernaan, dan aktivitas fisik.

Lemak “jelly” di tubuhmu adalah suatu kondisi yang disebabkan oleh lebih banyaknya energi yang masuk ke dalam tubuhmu (dari makanan) dibandingkan dengan energi yang keluar (untuk metabolisme basal + pencernaan + aktivitas fisik).

Jadi pada dasarnya, menurunkan berat badan perlu dilakukan melalui tiga cara yang sangat umum, yakni:

  • Mengurangi asupan energi
  • Meningkatkan aktivitas fisik
  • Mengubah perilaku makan yang salah

Tips menurunkan berat badan

1. Sering meminum kalori

Tips menurunkan berat badan yang pertama yakni kegemukan sering terjadi karena seseorang sering “meminum” kalori. Tahukah kamu bahwa minuman manis menyumbangkan banyak asupan kalori di tubuhmu.

Jika makan pagi, siang, dan malammu masih ditemani dengan teh manis, yuk mulai ganti dengan air putih.

Jogging selama 1 jam dapat mengeluarkan energi sebesar 500 kkal, sementara mengonsumsi 1 slice cheese cake menyumbangkan asupan energi yang sama, yaitu 500 kkal.

Baca juga: Siswa, Rempah Ini Bisa Turunkan Berat Badan hingga Jaga Imun

2. Dianjurkan turun 0,5 kg per minggu

Adapun penurunan berat badan yang dianjurkan adalah 0,5 kg per minggu. Penurunan berat badan yang drastis tidak disarankan untuk kesehatan. Ingat, bahwa segala sesuatu yang instan biasanya tidak berujung baik.

Sementara hasil penelitian menunjukkan bahwa diet dengan cara “mengurangi asupan lemak dan meningkatkan asupan serat” adalah pilihan diet terbaik untuk mengurangi berat badan dalam jangka waktu yang panjang, dibandingkan dengan jenis-jenis diet lainnya yang dipopulerkan oleh selebgram idamanmu.

3. Coba aktivitas fisik

Sedang durasi aktivitas fisik lebih penting dibandingkan dengan intensitasnya. Jogging selama 1 jam lebih baik dibandingkan angkat beban selama 10 menit. Kamu juga dapat memilih tipe aktivitas fisik permainan seperti bermain basket dan sepak bola.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com