Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Kampus Terbaik Ke-4 Nasional Versi THE Impact Rankings 2022

Kompas.com - 28/04/2022, 16:38 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Times Higher Education (THE) kembali merilis universitas terbaik dunia, kali ini untuk kategori Impact Rankings 2022, Rabu (27/4/2022).

Times Higher Education Impact Rankings merupakan satu-satunya tabel kinerja global yang menilai universitas terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB.

Pemeringkatan THE Impact Rankings merupakan penilaian aktivitas tridarma perguruan tinggi terhadap 17 indikator Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Pemeringkatan ini juga menilai bagaimana pengaruh yang dihasilkan perguruan tinggi terhadap kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: 28 Kampus Terbaik Indonesia Versi THE Impact Rankings 2022, Ada 10 PTS

Tahun ini, ada sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan, salah satu PTN yang masuk pemeringkatan ialah Universitas Padjadjaran (Unpad).

Unpad berhasil mengembalikan posisi pencapaian pada 2020, yaitu peringkat 101-200 dunia dan peringkat ke-4 nasional, setelah mengalami penurunan peringkat pada 2021, melasir laman resmi Unpad.

Ada empat indikator SDGs yang dinilai baik oleh THE, yaitu Life Below Water (SDGs 14) dengan skor 84,1, Life on Land (SDGs 15) dengan skor 81,9, Sustainable Cities and Communities (SDGs 11) dengan skor 69.2-78,6, serta Partnership for the Goals (SDGs 17) dengan skor 83,1-90,6.

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti mengatakan bahwa peningkatan peringkat Unpad pada THE Impact Rankings merupakan upaya luar biasa.

Peningkatan ini menunjukkan bahwa Unpad memiliki kekuatan melakukan aktivitas tridarma sebagai upaya pencapaian SDGs.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Unpad 2022 Jalur SNMPTN-SBMPTN untuk Tiap Prodi

Beberapa aspek yang sudah dilakukan Unpad di antaranya memperkuat riset tentang SDGs hingga penguatan SDGs Center sebagai pusat unggulan yang berfokus pada studi kebijakan dengan orientasi pada tujuan global SDGs.

“Selain itu, mahasiswa tanpa disadari telah banyak melakukan kegiatan yang mendukung pilar SDGs,” kata Rektor.

Rektor melanjutkan, berdasarkan hasil penialaian indikator di THE, kemitraan menjadi aspek penting dalam mewujudkan pencapaian SDGs.

Kolaborasi yang baik dengan mitra daerah, nasional, hingga internasional sangat berpengaruh dalam penilaian di THE Impact Rankings.

Di sisi lain, kemitraan yang dilakukan juga dapat menghasilkan beragam rekomendasi kebijakan di bidang pencapaian SDGs.

Baca juga: 11.312 Calon Mahasiswa Pilih Unpad Jadi Pusat UTBK 2022, Cek Syaratnya

Seluruh upaya yang dilakukan, mulai dari riset, inovasi, dan kemitraan akan mendorong Unpad semakin bermanfaat dan mendunia. Karena itu, Rektor menilai perguruan tinggi berperan penting dalam pencapaian SDGs.

Kepedulian perguruan tinggi dalam menangani permasalahan sosial melalui pemikiran dan inovasi riset sangat diperlukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com