Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kampus Ini Miliki Perpustakaan Terbaik di Indonesia, Ada Kampusmu?

Kompas.com - 27/04/2022, 16:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tak hanya memiliki mutu pendidikan yang berkualitas, deretan universitas di Indonesia ini dikenal memiliki fasilitas perpustakaan yang lengkap, nyaman bagi para mahasiswa.

Tentu perpustakaan menjadi penting bagi mahasiswa. Sebab, saat membuat tugas kuliah dan skripsi, dibutuhkan banyak buku untuk referensi.

Kadang kala, buku-buku untuk referensi membuat tugas tidak lagi dijumpai di toko buku dan hanya tersedia di perpustakaan kampus.

Baca juga: Kemendikbud Buka Beasiswa Guru PAUD dan SD ke Amerika Serikat

Dari beberapa kampus di Indonesia, ada universitas yang dikenal memiliki perpustakaan yang megah dan lengkap. Kampus apa saja itu? Berikut daftarnya dilansir dari laman Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek RI.

1. Universitas Indonesia (UI)

Perpustakaan yang dijuluki 'Crystal of Knowledge' ini telah meraih Akreditasi A dari LAP-N RI.

Tidak hanya memiliki koleksi buku yang lengkap dan bangunan yang megah, perpustakaan ini menunjang berbagai fasilitas seperti gym, food court, hingga toko buku.

2. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Selain memiliki bentuk gedung yang unik, perpustakaan IT dilengkapi dengan ratusan ribu koleksi buku serta memiliki tempat yang nyaman untuk menunjang kegiatan pembelajaran.

Perpustakaan ini juga telah meraih Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional RI.

Baca juga: Perpustakaan UNY Raih Akreditasi A, Capai Nilai Tertinggi Nasional

3. Universitas Pelita Harapan (UPH)

Perpustakaan UPH jadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Dijuluki 'The Johannes Oentoro Library', perpustakaan yang telah terakreditasi A oleh Perpustakaan Nasional RI ini terdiri dari tiga lantai, memiliki luas 5.400 meter persegi, serta kelengkapan sumber literatur.

4. Universitas Andalas

Perpustakaan perguruan tinggi terbesar di Sumatera Barat ini telah meraih akreditasi A dari LAP-N RI.

Selain tempat luas dengan koleksi buku beragam, pada perpustakaan ini terdapat Minangkabau Corner yang merupakan pusat studi informasi budaya Minangkabau.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com