Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawa Timur Borong Penyelenggaraan 7 Kompetisi Dikti Tingkat Nasional

Kompas.com - 24/04/2022, 12:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Provinsi Jawa Timur memborong penyelenggaraan tujuh kompetisi tingkat nasional jenjang pendidikan tinggi (Dikti) tahun 2022 yang digelar Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek.

Ajang kompetisi tersebut meliputi, Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE), Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN), Kompetisi Bisnis Manajemen dan Keuangan (KBMK), Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-Mipa), Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik), Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas).

Dalam menggelar kompetisi nasional jenjang Dikti, Puspresnas menjalin kolaborasi dengan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang bekerja sama dengan empat perguruan tinggi wilayah Jawa Timur, yaitu Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Kota Malang.

Sebagai informasi, perguruan tinggi Jawa Timur yang menjadi tuan rumah ajang talenta tingkat nasional jenjang pendidikan tinggi tahun 2022, yaitu:

  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk penyelenggaraan KRI
  • Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) untuk penyelenggaraan KBMK
  • Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jawa Timur untuk penyelenggaraan KMHE dan KKCTBN
  • Universitas Brawijaya untuk penyelenggaraan On-Mipa, Gemastik dan Peksiminas.

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sekaligus Plt. Puspresnas, Asep Sukmayadi menegaskan, pihak konsisten menjalankan tugas dan fungsi dalam fasilitasi pengembangan peserta didik berprestasi melalui ajang kompetisi/olimpiade/lomba/festival yang merupakan bagian fungsi Manajemen Talenta Nasional (MTN).

Hal ini disampaikan Asep Sukmayadi dalam penandatanganan perjanjian kerja sama penyelenggaraan ajang talenta nasional jenjang pendidikan tinggi yang dilaksanakan pada tanggal 22–23 April 2022 di empat perguruan tinggi di Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Puncak Prestasi Talenta 2021, Puspresnas: Kita Memiliki 466 Ribu Pasukan Talenta Unggul

Dalam kesempatan sama, Rizal Alfian Koordinator Pengembangan Prestasi Dikti  menyampaikan, “penyelenggaran ajang talenta tingkat nasional jenjang Dikti tahun ini harapannya juga akan memberikan manfaat citra positif bagi perguruan tinggi sebagai tuan rumah.

"Dan juga berdampak untuk pergerakan ekonomi bagi masyarakat jawa timur, kurang lebih lima ribu orang yang akan berkunjung di jawa timur pada bulan Juli sampai dengan November pada tahun ini," jelas Rizal Alfian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com