Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Kuliah Murah di Eropa? 3 Negara Ini Bisa Jadi Pilihan

Kompas.com - 23/04/2022, 13:18 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuliah di luar negeri menjadi impian para mahasiswa. Negara yang banyak dipilih siswa internasional untuk melanjutkan pendidikan ada di benua Eropa.

Selain bisa kuliah di Eropa dengan biaya mandiri, mahasiswa juga bisa mencari program beasiswa untuk mewujudkan impiannya kuliah di luar negeri.

Apabila kamu ingin kuliah di benua Eropa, ada beberapa negara yang bisa dipilih karena menyediakan universitas dengan biaya kuliah cukup terjangkau.

Melansir dari laman konsultan pendidikan luar negeri ICAN Education, Sabtu (23/4/2022), beberapa negara di bawah ini memiliki biaya kuliah yang sangat rendah. 

Bagi kamu yang berencana kuliah di Eropa dengan biaya murah, berikut beberapa negara yang bisa jadi pilihan.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Dinilai Langgar HAM, Ini Tanggapan Pakar Unair

1. Negara Jerman

Kuliah di Jerman menjadi pilihan bagi banyak siswa internasional. Negara ini terkenal dengan pendidikan kelas dunia dan universitas di Jerman menghasilkan penelitian inovatif.

Ada sekitar 300 universitas di Jerman, 10 di antaranya menempati peringkat sebagai universitas terkemuka di dunia. Sedangkan program studi paling populer di Jerman adalah teknik.

Tidak ada biaya kuliah untuk program sarjana dan magister, kecuali di wilayah Baden-Württemberg yang sejak 2017 meminta biaya kuliah penuh untuk siswa internasional.

Namun, siswa akan dikenakan biaya administrasi sekitar 100 – 200 euro per tahun atau sekitar Rp 1,5 juta hingga Rp 3,1 juta. Ditambah biaya hidup keseluruhan sebesar 8.400 – 13.500 euro per tahun atau sekitar Rp 131 juta hingga Rp 211 juta.

Baca juga: Cerita Januarti, Dosen ITS yang Dapat Julukan Queen of Ash

2. Negara Italia

Italia memiliki segudang kebudayaan dan atraksi artistik yang semuanya menarik perhatian ribuan siswa internasional setiap tahun. Jika kamu mendaftar di universitas negeri di Italia, kisaran biaya kuliah adalah 850 – 1.000 euro per tahun atau sekitar Rp 13 juta hingga Rp 15 juta.

Sedangkan, biaya hidup di kota-kota besar di Italia berkisar antara 8.400 – 13.500 euro per tahun atau Rp 131 juta hingga Rp 211 juta.

Jumlah ini bisa jadi lebih rendah jika kamu memilih tinggai di kota pelajar, seperti Pisa, Padua dan Turin.

3. Negara Hungaria

Negara ini memiliki berbagai pilihan program studi. Namun yang paling populer di kalangan siswa internasional dalah program Ilmu Medis. Program ilmu kedokteran di Hungaria telah disetujui oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga: Tips Menjadi Kartini Modern ala Dosen Unesa

Biaya kuliah rata-rata adalah 1.000 – 3.000 euro per tahun atau sekitar Rp 15 juta hingga Rp 47 juta.

Sedangkan biaya hidup keseluruhan sekitar 4.200 – 6.000 euro per tahun atau sekitar Rp 65 juta hingga Rp 94 juta.

Siswa juga dapat merasakan langsung kehidupan budaya yang ramai di Hungaria. Ibukota dari, Budapest, adalah rumah bagi sebagian besar universitas terkemuka di negara ini dengan banyak program bahasa Inggris.

Banyak alasan mengapa siswa internasional memilih Eropa untuk melanjutkan pendidikannya. Selain karena faktor banyak universitas terbaik dunia berlokasi di Eropa, kerja sama lintas batas di Eropa telah membentuk komunitas akademis internasional yang kuat yang melakukan penelitian mutakhir.

Saat ini terdapat ribuan universitas di Eropa yang menawarkan banyak sekali program studi dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Peneliti UGM Ungkap Faktor Penyebab Tingginya Curah Hujan

Demikian 3 negara di Eropa dengan biaya pendidikan murah. Informasi ini bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin kuliah di Eropa dengan biaya mandiri. Kamu bisa merencanakan biaya selama menempuh pendidikan di universitas pilihanmu mulai dari sekarang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com