Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wing Day Sekbang TNI, KSAU: Jadilah Pengawal Dirgantara Indonesia

Kompas.com - 22/04/2022, 17:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE., MPP., CSFA., mewisuda sebanyak 43 orang penerbang dan navigator.

Hal itu dilakukan pada Upacara Wing Day Sekolah Penerbang TNI AU Angkatan ke-99, Sekolah Penerbang TNI Angkatan ke-7, dan Sekolah Navigator Angkatan ke-14 di lapangan Jupiter, Lanud Adisutjipto Yogyakarta, Jumat (22/4/2022).

Marsekal Fadjar berpesan pada para wisudawan agar momentum ini menjadi gerbang awal pengabdian prajurit TNI sebagai pengawal dirgantara Indonesia.

Baca juga: Masih Dibuka, Pendaftaran Bintara TNI AU 2022 bagi Lulusan SMA/MA

"Hari ini adalah momentum berharga yang harus kalian syukuri, yang juga menjadi gerbang awal pengabdian kalian sebagai pengawal dirgantara Indonesia," terang KSAU dalam sambutannya.

Pegang teguh prinsip Airmanship

Menurut KSAU, dalam menempuh pendidikan di lembaga ini ada banyak pengalaman berharga, pengetahuan, dan wawasan yang telah didapatkan. Terlebih momen inspiratif yang jadi modal untuk perjalanan karir selanjutnya.

"Berbanggalah, sebagaimana kami sebagai senior kalian juga bangga, ketika menyaksikan kalian dilantik, seraya wing penerbang dan wing navigator disematkan di dada kalian," tegasnya.

Selain itu, Marsekal Fadjar juga menyampaikan kepada para penerbang dan navigator muda untuk selalu memegang teguh prinsip Airmanship.

Serta menjadikannya sebagai landasan bertindak disetiap jenjang karir dan penugasan.

"Diingatkan, seluruh wisudawan untuk terus mawas diri dan giat mengembangkan kemampuan, sehingga menjadi penerbang dan navigator yang profesional," terang KSAU.

Baca juga: FESA TNI AU, Wujud Komitmen Yasarini Majukan Pendidikan

"Ingatlah, tantangan yang kita hadapi saat ini menjadi semakin dinamis. Kompleksitas domain udara juga telah tumbuh semakin pesat seiring berkembangnya domain cyber dan luar angkasa," imbuhnya.

Oleh karena itu, para wisudawan juga harus terus mawas diri dan semakin giat dalam mengisi dan mengembangkan kemampuan.

"Jadilah perwira penerbang dan navigator yang profesional dan berkomitmen kepada tugas yang dibebankan, agar senantiasa dapat menjaga kedaulatan Indonesia yang kita cintai ini," tegas Marsekal Fadjar.

Siswa-siswa terbaik

Adapun penjurusan pada Wingday tahun ini meliputi 9 penerbang tempur, 17 penerbang transport, dan 11 penerbang helikopter. Serta ada 6 navigator.

Sementara itu, untuk siswa terbaik ialah:

1. Jurusan Fixed Wing: Letda Pnb Taufiq Ismail P, S.Tr (Han)

2. Jurusan Rotary Wing: Letda Pnb Dhawam Dwi S.Tr (Han)

Baca juga: Dibuka 15 Januari Pendaftaran Bintara TNI AU 2022 bagi Lulusan SMA/MA

3. Terbaik Navigator: Letda Nav Aroyan Nur Fadila S.Tr (Han)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com