Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidang Ilmu di UGM Ini Masuk Peringkat 153 Dunia Versi QS WUR by Subject 2022

Kompas.com - 07/04/2022, 08:03 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada pemeringkatan Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) by Subject 2022 yang dirilis Rabu (6/4/2022), Universitas Gadjah Mada (UGM) meraih hasil yang baik.

Bahkan secara umum, peringkat UGM naik signifikan dibanding tahun sebelumnya. Yakni rumpun bidang studi Social Sciences & Management naik menjadi 153 dunia dari peringkat 261 di 2021.

Menurut Sekretaris Rektor UGM, Drs. Gugup Kismono, M.B.A., Ph.D., rumpun bidang studi dengan performa terbaik di UGM adalah Social Sciences & Management.

Baca juga: Alumnus Farmasi UGM: Ini Panduan Kecukupan Nutrisi Saat Puasa

"Kategori ini memayungi berbagai bidang studi, antara lain Social Policy & Administration dan Development Studies yang menempati peringkat pertama di Indonesia dan masuk ke dalam 51-100 besar dunia," ujarnya dikutip dari laman UGM, Kamis (7/4/2022).

Adapun bidang studi yang menempati peringkat tertinggi ialah Theology, Divinity & Religious Studies, yakni nomor 47 di dunia dan nomor 1 di Indonesia.

Di rumpun yang sama, Modern Languages juga menduduki peringkat 1 di tingkat nasional, diikuti dengan Architecture/Built Environment pada peringkat ke-2.

Sedangkan dalam rumpun bidang studi Natural Sciences, bidang studi Geography bertahan di posisi ke-1 di Indonesia secara konsisten dari 2019 hingga 2022 ini dan termasuk dalam 101-150 besar pada taraf global.

Seperti halnya Geography, bidang studi Business & Management Studies yang berada di rumpun bidang studi Social Sciences & Management juga terus mempertahankan posisinya pada peringkat ke-1 di Indonesia.

Baca juga: Dokter RSA UGM: Lakukan Ini jika Merasa Greges

Selain itu, bidang-bidang lain di Universitas Gadjah Mada juga mengalami peningkatan peringkat.

Sementara Kepala Kantor Jaminan Mutu (KJM) UGM, Prof. Dr. Indra Wijaya Kusuma, M.B.A., menambahkan, terdapat 5 kriteria utama yang mendasari pemeringkatan yang dilakukan oleh QS ini, yaitu:

1. reputasi akademik

2. reputasi lulusan

3. jumlah sitasi publikasi

4. h-index atau tolok ukur produktivitas dan dampak dari hasil publikasi yang diterbitkan dosen dan peneliti

5. International Research Network (IRN)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com