Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat dan Alur Pendaftaran PKN STAN 2022 Kementerian Keuangan

Kompas.com - 05/04/2022, 08:49 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sekolah Kedinasan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) yang akrab disebut STAN merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah Kementrian Keuangan.

Hampir semua lulusan yang memenuhi syarat berkesempatan menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan bekerja di Kemenkeu atau lembaga negara terkait. Tak heran bila PKN STAN selalu menjadi sekolah kedinasan terfavorit calon mahasiswa hampir setiap tahunnya.

Di 2022, pendaftaran Sekolah Kedinasan dibuka tanggal 9-30 April 2022, termasuk PKN STAN. Melansir laman resmi pknstan.ac.id dan dikdin.bkn.go.id, berikut informasi seputar syarat dan alur pendaftaran:

Baca juga: Mau Masuk PKN STAN? Cek Syarat Nilai Rapor dan UTBK 2021

Menggunakan nilai UTBK 2022

Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) menyebutkan bagi calon mahasiswa yang berminat untuk mengikuti SPMB PKN STAN tahun 2022 diminta agar dapat mengikuti UTBK tahun 2022.

Calon mahasiswa UTBK dapat memilih kelompok ujian Sains dan Teknologi (Saintek), Sosial Humaniora (Soshum), ataupun Campuran (Saintek dan Soshum).

"Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat yang mengacu pada prinsip- prinsip kenyamanan, fleksibilitas, dan kualitas, tahapan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) tahun 2022 kembali akan menggunakan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)," tulis siaran pers BPPK, Maret 2022 lalu.

Walaupun salah satu syarat administratif pada SPMB PKN STAN tahun 2022 telah diputuskan akan menggunakan nilai UTBK, namun pengumuman resmi SPMB PKN STAN tahun 2022 baru akan diterbitkan bersamaan dengan pengumuman Pendaftaran dan Seleksi Sekolah Kedinasan tahun 2022 yang akan dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB).

Baca juga: Mengenal Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Kuliah Gratis dan Jadi CPNS

Alur Pendaftaran PKN STAN 2022

Melansir laman Dikdin.bkn.go.id, berikut alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan PKN STAN 2022 Kementerian Keuangan:

1. Akses portal

Pelamar mengakses portal Sekolah kedinasan di https://dikdin.bkn.go.id/ 

2. Buat Akun

Buat akun SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK yang tervalidasi oleh DUKCAPIL kemudian cetak kartu informasi akun.

3. Login

Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan.

4. Pendaftaran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com