Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Jadi Ahli SEO dari Lulusan Sarjana Universitas Nurdin Hamzah

Kompas.com - 01/04/2022, 11:49 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Bagi kamu yang berkutat dengan dunia digital marketing, pastinya mengenal Search Engine Optimization (SEO).

Bahkan, kini SEO semakin dikenal sejalan era digitalisasi yang hampir terjadi di seluruh sektor kehidupan manusia.

Baca juga: Sosok Sheinna, Lulusan Terbaik ITS dengan IPK 3,99

SEO merupakan langkah optimasi untuk meningkatkan posisi dan visibilitas website pada mesin pencarian, dengan begitu pengguna lebih mudah bisa mengakses website itu.

Nah salah satu orang yang mahir dengan SEO adalah Marsuki. Dia lulusan Sarjana Jurusan Teknik Informatika Universitas Nurdin Hamzah di tahun 2016.

Dia sudah mahir SEO sejak tahun 2010. Berkat dia mendalami dunia komputer dan internet sejak lulus SMA.

Bukti Marsuki mahir dalam SEO adalah lebih dari 1.000 proyek digital yang sudak dikerjakannya, baik skala nasional maupun mancanegara.

"Saya sudah mendalami dunia pemrograman sejak 2012. Perjalanan karier saya sejak mengangkat nama perusahaan hingga UMKM lewat optimalisasi di Google," ucap dia dalam keterangannya, Jumat (1/4/2022).

Sejak memulai karier sebagai programmer di salah satu perusahaan di Kota Palembang, dia terus melebarkan sayap hingga akhirnya menjajal peruntungan berkarier sebagai freelancer di Thailand.

Setelah itu, dia memutuskan berhenti dan fokus membangun usaha bernama Pondoksoft, yakni software downloader.

Kemudian, dia mulai mendalami lebih jauh tentang ilmu SEO. Hingga akhirnya di 2016, dia mendirikan perusahaan teknologi yang bergerak di bidang pengembangan aplikasi dan pengoptimalan mesin pencari di Google, yakni bernama Dataseo.

Baca juga: Pakar Unair: Begini Aktivitas Otak Saat Menjelang Kematian

"Saya pelajari banyak hal, apalagi Google terus update algoritmanya. Ini agar bisa meningkatkan pemahaman di bidang SEO," tutur dia.

7 cara menjadi mahir SEO

Sebagian besar orang yang mahir dengan SEO akan bekerja secara langsung dengan tim pemasaran atau pemasaran digital yang lebih besar.

Sehingga mereka bisa bekerja dengan tim pemasaran medis sosial, tim pemasaran email, dan pemasar mesin pencari.

Namun secara lebih luas, SEO mempengaruhi hampir setiap bagian situs perusahaan, berarti mempengaruhi juga hampir setiap bagian dari sebuah perusahaan.

Akibatnya, para profesional SEO juga bekerja dengan tim pengembangan, desain, penjualan, TI, dan layanan pelanggan, meskipun beberapa memilih untuk bekerja paruh waktu atau lepas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com