Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UB Cerita Serunya Bertugas di MotoGP Mandalika

Kompas.com - 31/03/2022, 12:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indonesia menjadi tuan rumah ajang balap motor internasional, MotoGP Mandalika.

Menariknya, dalam ajang ini, salah satu dokter sekaligus dosen di Fakultas Kedokteran, Universitas Brawijaya terlibat sebagai tim medis, bersama dengan banyak tenaga medis dan kesehatan lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Ali Haedar, ialah dokter spesialis emergency medicine (kedokteran emergensi) yang bertugas sebagai anggota tim medis MotoGP Mandalika 2022.

Baca juga: Kisah PAUD di Papua, Pengajarnya Ibu Rumah Tangga dan Masyarakat Sekitar

Pria yang dipanggil dr. Haedar ini bertugas sejak tanggal 17 hingga 20 Maret 2022 ini mengaku, diperlukan kecakapan klinis dan kerja sama yang baik antar tim.

"Begitu menempati pos di sirkuit, kami akan siaga dalam kondisi apapun, baik dijemur panas terik maupun hujan deras, hingga balapan selesai," ujarnya dilansir dari laman UB.

Semua tenaga medis, imbuh Haedar, wajib terlatih dan menguasai detil medical plan.

“Medical plan ini disahkan oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM), sehingga tidak melakukan kesalahan saat tindakan medis”, ujarnya.

Di MotoGP Mandalika, Haedar bekerja sama dengan perawat, dokter umum dan dokter spesialis emergency.

“Di Mandalika, dokter spesialis emergency medicine ditempatkan di ambulans, di safety car di Medical Center, dan di helicopter. Kami dipimpin oleh Chief Medical Officer (CMO) di Race Control”, terangnya.

Apresiasi positif pun diberikan kepada tim medis yang telah bertugas di Mandalika. Salah satunya datang dari Dorna Sports.

“Dorna Sports mengatakan kerja tim medis excellent, dan secara khusus memuji kerja sama yang ditunjukkan tim medis selama acara, " jelasnya.

Baca juga: Cerita Jevon, Mahasiswa ITB Prodi Aktuaria Peraih IPK 4

Selama bertugas, tim medis termasuk dirinya sempat membantu beberapa pembalap yang mengalami crash, terutama saat kualifikasi.

"Selain tim medis, sistem dan fasilitas kesehatan termasuk dua unit helicopter juga mendapat apresiasi dari Dorna Sports”, imbuh dokter di Departemen Ilmu Kedokteran Emergensi FK UB-RSSA ini.

Selain MotoGP Mandalika, Haedar juga pernah bertugas dalam ajang olahraga besar lain, seperti PON XX Papua, Idemitsu Asia Talent Cup 2021, serta Superbike World Championship 2021.

Ia berharap, ilmu kedokteran emergensi, khususnya pre-hospital emergency care dapat segera dikembangkan di Indonesia.

“Pre-hospital emergency care dibentuk untuk menguraikan konsep kunci pengembangan sistem emergensi pra-rumah sakit, dengan berbagai elemen yang dapat mengurangi tingkat morbiditas dan mortilitas. It takes a system to safe a life”, pungkasnya.

Baca juga: Kisah Tiga Siswa Penghafal Alquran Raih Beasiswa Umrah dari Sekolah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com