Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendikbud: KIP Kuliah Bisa untuk PTN-PTS, Kuliah Gratis sampai Lulus

Kompas.com - 29/03/2022, 15:08 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pada tahun 2022, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menawarkan banyak skema bantuan biaya pendidikan.

Salah satu program bantuan pendidikan yang tengah membuka pendaftaran ialah Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka 2022.

KIP Kuliah Merdeka 2022 dapat digunakan para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS).

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud Ristek Abdul Kahar menyampaikan, bantuan beasiswa bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat tidak mampu pada pendidikan tinggi agar lebih merata dan berkualitas.

Baca juga: Daftar KIP Kuliah? Cek 15 PTN Penerima KIP Terbanyak di SNMPTN 2022

“Bantuan beasiswa yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan akses masyarakat tidak mampu pada pendidikan tinggi agar lebih merata dan berkualitas, sehingga sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang unggul dapat segera terwujud,” papar Abdul Kahar dalam siaran pers di laman Kemendikbud Ristek.

Cakupan KIP Kuliah Merdeka 2022

Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka tahun 2022 sudah dibuka bagi calon mahasiswa PTN dan PTS melalui berbagai tes masuk.

Mulai dari Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN), Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN), seleksi Mandiri PTN, hingga seleksi Mandiri PTS.

"Calon mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka yang akan mendaftar dibebaskan dari biaya pendaftaran UTBK SBMPTN, dan dibebaskan dari biaya kuliah semester hingga lulus. Selain itu, mahasiswa juga akan mendapatkan biaya hidup setiap bulannya," terang Kahar.

Baca juga: Kemendikbud Sediakan 200.000 Kuota KIP Kuliah 2022, Siswa Segera Daftar

Sementara itu, syarat-syarat yang digunakan untuk mendaftar KIP kuliah ini ialah beberapa dokumen, seperti data diri, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Abdul Kahar menambahkan, pendaftaran KIP Kuliah Merdeka dapat menggunakan akun yang sama untuk SBMPTN. Hanya dengan satu kali mendaftar maka akan digunakan untuk semua jenis seleksi jalur dan dapat digunakan sepanjang tahun selama masa pendaftaran masuk PTN ataupun PTS.

“Kalau tidak lolos SNMPTN, dari sekarang bisa menggunakan akun yang sama untuk SBMPTN tinggal centang karena di pendaftaran KIP kuliah tidak harus keluar masuk, mendaftar SNMPTN tidak lulus lalu mendaftar lagi SBMPTN, hanya satu kali buat akun dapat digunakan sepanjang tahun bahkan tahun sebelumnya pun akunnya masih bisa digunakan, tinggal diperbaharui (update) akun pendaftaran yang baru,” tutur Kahar.

Kahar menegaskan, calon mahasiswa yang berminat untuk kuliah tahun ini dan memenuhi kriteria penerima KIP Kuliah Merdeka jangan ragu untuk mendaftar.

Baca juga: 5 Ciri Orang Cerdas Bukan Hanya Dilihat dari IQ, Kamu Punya Ciri-cirinya?

“Karena, dengan adanya KIP Kuliah Merdeka tidak ada lagi alasan bagi para pelajar untuk tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Semua bisa kuliah dengan KIP kuliah, karena pemerintah sudah menyiapkan bantuan untuk melanjutkan pendidikan asalkan dengan sungguh-sungguh,” pungkas Kahar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com