Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Unik Si Kembar Lulus Kuliah Bareng di ITS

Kompas.com - 29/03/2022, 10:10 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Saudara kembar bernama Husna Dinda Zulfana dan Nuri Dinda Zulfana lulus bareng dari bangku kuliah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Mereka menjadi wisudawan dalam acara wisuda ke-125 ITS pada 26-27 Maret 2022. Keduanya merupakan mahasiswa dari Departemen Desain Produk Industri, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD).

Baca juga: Sosok Sheinna, Lulusan Terbaik ITS dengan IPK 3,99

Sepasang kembar yang akrab disapa Husna dan Nuri ini memang berniat bisa lulus bersama-sama.

Bagaimana tidak, Husna yang seharusnya sudah bisa mengikuti wisuda semester lalu, harus mengulur jadwal wisudanya di semester ini demi menunggu Nuri, pasangan kembarnya.

"Momen wisuda itu langka dan hanya sekali seumur hidup, jadi saya berfikir untuk dapat wisuda bersama karena belum tentu kita melanjutkan sekolah yang sama lagi," kata Husna melansir laman ITS, Selasa (29/3/2022).

Semester lalu, menurut Husna, Nuri sempat menjadi pasien Covid-19 sehingga belum bisa merampungkan Tugas Akhir (TA).

Melihat kondisi tersebut, Husna dengan sengaja tidak melengkapi berkas saat yudisium, agar bisa menemani saudaranya wisuda pada semester berikutnya.

"Orangtua kami tidak mempermasalahkan hal ini, bagi mereka yang terpenting saya sudah lulus dan tinggal yudisium saja," jelas dia.

Meskipun begitu, pasangan kembar identik yang terpaut tujuh menit tersebut mengaku memilih topik TA yang tak berkesinambungan.

Baca juga: Semua Tentang UTBK-SBMPTN 2022, Mulai Cara Daftar hingga Pusat UTBK

Walaupun TA yang diambil sama-sama bertemakan budaya Jawa, media yang dipilih keduanya berbeda.

TA milik Husna condong ke editorial design dengan media aksara Jawa, sedangkan Nuri lebih cocok ke ilustrasi atau gambar dengan media seni ketoprak.

"Minat Husna lebih ke desain buku visual, sedangkan Nuri ke mesin komik," ujar Nuri.

Sejak TK hingga kuliah, ijazah kedua putri pasangan Dwi Madijantoro dan Ululil Chusaida ini diketahui selalu dikeluarkan oleh lembaga yang sama.

Pada awalnya, Nuri mengaku tidak ingin berkuliah di jurusan yang sama dengan saudaranya. Husna terlebih dahulu masuk Departemen Desain Produk Industri ITS lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Sementara itu, Nuri yang bermimpi masuk Departemen Desain Interior ITS tidak berhasil lolos di jalur SNMPTN maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com