Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Universitas Milik BUMN, Calon Mahasiswa Pilih Mana?

Kompas.com - 21/03/2022, 18:08 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Banyak sekali perguruan tinggi negeri dan swasta yang menawarkan berbagai program studi (prodi).

Namun perguruan tinggi tidak hanya dikategorikan berstatus negeri maupun swasta. Tetapi ada juga perguruan tinggi milik Badan Usaha Milik Negera (BUMN).

Melansir dari laman apertibumn.org, Senin (21/3/2022), sejumlah perguruan tinggi di bawah naungan BUMN bergabung menjadi Aliansi Perguruan Tinggi BUMN (Aperti BUMN).

Aperti BUMN adalah perkumpulan perguruan tinggi-perguruan tinggi yang berafiliasi dengan Badan Usaha Milik Negara, yang menjadi wadah bagi seluruh perguruan tinggi anggotanya untuk bersinergi dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca juga: Intip Prodi UNS dengan Daya Tampung Terbanyak di SBMPTN 2022

Punya spesialisasi yang dibutuhkan dunia industri

Perguruan tinggi yang tergabung dalam Aperti BUMN telah memiliki spesialisasi yang sangat dibutuhkan dunia industri.

Misalnya IT PLN memiliki spesialisasi di bidang ketenagalistrikan, TEL-U di bidang teknologi informasi dan komunikasi, Universitas Pertamina di bidang energi, STIMLOG di bidang manajemen logistik, transportasi dan rantai pasok.

UISI di bidang bisnis dan teknologi persemanan, Poltekpos di bidang logistik, supply chain management & e-commerce, ITTS di bidang teknologi komunikasi dan BRI Institute di bidang teknologi keuangan digital (digital financial technology) dan technopreneurship.

Kelebihan yang sama-sama dimiliki perguruan tinggi yang tergabung dalam Aperti BUMN ini adalah kedekatannya dengan industri. Hal ini memungkinkan anggotanya berkolaborasi untuk mengimplementasikan konsep Triple Helix (Academic, Business, and Government).

Baca juga: Ikut UTBK SBMPTN 2022? Ini Rekomendasi Jurusan Kuliah bagi Siswa SMK

Daftar universitas milik BUMN

Berikut daftar perguruan tinggi yang merupakan milik BUMN di Indonesia. 9 perguruan tinggi ini bisa menjadi pilihan calon mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

1. Universitas Pertamina

Universitas Pertamina dibawah naungan PT Pertamina berkedudukan di Jakarta, memiliki 6 Fakultas dan 15 program studi.

2. UISI

Universitas Internasional Semen Indonesia dibawah naungan PT Semen Indonesia berkedudukan di Gresik, 3 Fakultas dan 10 program studi.

3. Telkom University

Telkom University dibawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia berkedudukan di Bandung, Jawa Barat, 7 Fakultas dan 30 program studi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com