Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Widya Priyahita Dilantik Jadi Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta

Kompas.com - 16/03/2022, 15:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Editor

KOMPAS.com - Widya Priyahita Pudjibudojo S.IP, M.Pol.Sc. (DBA Cand.) dilantik sebagai Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Yogyakarta, Rabu (16/3/2022). Widya akan memimpin UNU hingga 2026.

Proses pelantikan Widya dilakukan di Gedung Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU), Jakarta. Widya menggantikan Rektor UNU Yogyakarta sebelumnya, Prof. Purwo Santoso.

Widya meniti karir sebagai periset, konsultan, dosen tamu, profesional di industri dan akselerator, hingga menjadi Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Widya Priyahita, Staf Khusus Mensesnegistimewa Widya Priyahita, Staf Khusus Mensesneg
Setelah menamatkan pendidikan SMA di Surabaya, ia ke Yogyakarta untuk melanjutkan pendidikan di Jurusan Politik Pemerintahan, Universitas Gadjah Mada.

Widya lalu melanjutkan studi masternya dari beasiswa Program Master of Global Public Policy oleh pemerintah Rusia, Russian Presidential Academy of National Economy Public Administration (RANEPA).

Di Setneg, Widya menjabat Staf Menteri Sekretaris Negara bidang Transformasi Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia.

Dwi Prasetyo dan Muhammad Nabil Satria Faradis, dua Tenaga Ahli Eksternal Menteri Sekretaris Negara bercerita, di lingkungan Kemensetneg, Widya memimpin banyak perubahan, inovasi dan kolaborasi.

Salah satunya menggagas Setnex X untuk mengasah dan mengakselerasi kreatifitas para PNS di lingkungan Kemensetneg agar terus terjaga serta melahirkan pemikiran yang “out of the box” bagi PNS pada umumnya.

Sejak 2018 sebagai civitas akademika UNU Yogyakarta, Widya juga banyak memberi banyak perubahan bagi kampus yang baru bertumbuh.

Baca juga: Rektor USU: Seiring Percepatan Iptek, Dokter Gigi Harus Profesional

Antara lain, menginisiasi program beasiswa unggulan, menjadikan UNU Yogyakarta sebagai percontohan nasional melalui program Shafiec (Center for Sharia Finance and Digital Economy), serta menginisiasi pusat kajian gaya hidup halal.

Pada April mendatang, Widya akan melanjutkan studi Doktoral dan memperdalam kajian Business Administration, di program doktoral Paris School of Business, Perancis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com