Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa D3-S1 Butuh Bantuan Biaya Kuliah? Daftar Beasiswa VDMI

Kompas.com - 07/03/2022, 10:05 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak pilihan beasiswa untuk membantu mahasiswa menyelesaikan studi. Bila kamu atau kerabat mengalami kesulitan keuangan untuk biaya pendidikan, namun selalu memiliki IPK di atas 3, beasiswa Van Deventer-Maas Stichting bisa kamu ajukan.

Setiap tahun, beasiswa Van Deventer-Maas Stichting rutin membuka pendaftaran. Di tahu ini, pendaftaran dibuka hingga 10 Maret 2022.

Van Deventer-Maas Stichting adalah sebuah organisasi non-profit dengan misi mendukung pendidikan masyarakat Indonesia. Yayasan ini didirikan pada tahun 1947, berdasarkan kesepakatan dan keinginan Elizabeth Maas, istri dari Pak Coen van Deventer.

Pada tahun 1979 Van Deventer-Maas Stichting bergabung dengan Yayasan Tjandi (didirikan tahun 1913) dan Van Deventer Stichting (didirikan tahun 1917), dengan mengadaptasi Yayasan Kartini, yang didirikan pada tahun 1913.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Pada tanggal 12 September 2017, kantor perwakilan VDMS di Indonesia secara resmi menjadi Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia (YVDMI) yang pengelolaannya dipercayakan sepenuhnya kepada Indonesia.

Coen van Deventer, yang peduli terhadap ketimpangan hubungan ekonomi antara Belanda dan Indonesia, sangat fokus untuk membantu pendidikan di Indonesia dengan memberikan dana dalam bentuk beasiswa dan program pengembangan karakter.

Pasangan tersebut tidak dikaruniai anak, oleh karena itu, mereka memutuskan untuk menyumbangkan kekayaan mereka (sebagai charity) untuk pengembangan potensi masyarakat Indonesia. Salah satu bentuk bantuan yang diberikan ialah dalam bentuk beasiswa bagi mahasiswa muda, berbakat, berprestasi, dan berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu.

Cakupan beasiswa

1. Sebesar Rp 750.000 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) akan dibayarkan langsung ke rekening pribadi penerima beasiswa setiap bulan pada tanggal yang sama (kecuali apabila tanggal tersebut jatuh pada akhir pekan/libur).

Baca juga: 4 Program Unggulan Kampus Merdeka Kemendikbud 2022, Mahasiswa Bersiap

2. Satu kali Bonus TOEFL (jika ada) sebesar Rp. 381.000 (tiga ratus delapan puluh satu ribu rupiah) dan Bonus Lulus Tepat Waktu (S1 sebesar Rp 700.000 dan D3 sebesar Rp 700.000).

3. Mendapatkan pelatihan pengembangan kapasitas pribadi (Capacity Building) melalui proses seleksi – yang semua biaya pelatihan ditanggung oleh Yayasan Van Deventer-Maas Indonesia.

Durasi pemberian beasiswa

Beasiswa mulai diberikan sejak tahun kedua sampai akhir masa studi sesuai standar pendidikan (misal S1 = tahun ke 2-4), kecuali yang bersangkutan tidak dapat mempertahankan prestasi (IPK < 3.00), cuti, tidak mengkonfirmasi penerimaan dana dan tidak memberikan laporan sama sekali dalam periode tertentu.

Proses pendaftaran

Pendaftaran beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia harus dilakukan secara online melalui https://vas.vdms-scholarship.org/ers/apply 

Kamu dapat mengunduh form daftar dokumen persyaratan yang diperlukan ketika sudah melengkapi pendaftaran secara online.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Jika kamu diundang ke tahap kedua, maka selanjutnya kamu harus mengumpulkan berkas dokumen persyaratan yang diperlukan kepada Penanggung-jawab (Person in Charge) di kampus. Untuk melihat daftar kampus yang bekerja sama di laman http://vandeventermaas.or.id/partner/ 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com