Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Influencer Sambil Kuliah? Intip Kisah Nixon Mahasiswa UMM

Kompas.com - 24/02/2022, 09:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Menjadi influencer bisa dilakukan mahasiswa guna memberikan vibrasi positif kepada sesama hingga kesempatan mendapatkan tawaran kerja sama. 

Tetapi bagaimana caranya menjadi influencer yang keren di sela-sela kegiatan kuliah? Nixon Farrel Mahatma, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berbagi cerita.

Nixon mengawali kariernya menjadi influencer yang berawal dari hobinya membuat konten komedi.

Nixon, mulai membuat konten Tiktok pertamanya saat aplikasi tersebut masih belum terkenal seperti sekarang.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

“Pada 2019 Tiktok merupakan aplikasi sosial media yang masih baru. Jadi, saya membuat konten komedi di Tiktok hanya karena penasaran ingin mencoba aplikasi tersebut. Saya sama sekali tidak menyangka kalau konten itu akan ditonton banyak orang dan masuk For Your Page (FYP),” ungkap mahasiswa Ilmu Komunikasi ini dilansir dari rilis UMM.

Lebih lanjut, Nixon menceritakan bahwa akun tiktoknya makin berkembang ketika ia mulai memfokuskan diri untuk membuat konten review cafe dan foodies yang ada di Kota Malang.

Anak terakhir dari empat bersaudara tersebut mengatakan bahwa perpindahannya dari konten komedi ke review cafe dan foodies juga merupakan sebuah kebetulan.

“Saat saya masih membuat konten komedi di Tiktok, saya juga magang sebagai marketing di salah satu kafe di Malang," ujar Nixon.

Untuk menghemat uang promosi, ia akhirnya menggunakan akun Tiktoknya untuk mengenalkan cafe tersebut ke masyarakat.

"Tak disangka konten review itu menjadi viral dan masuk ke FYP Tiktok berkali-kali,” ujar Nixon.

Setelah beberapa konten reviewnya viral, Nixon mulai memfokuskan diri untuk mengenalkan kuliner Malang kepada masyarakat luas.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Kini, ia memiliki 64,3 ribu follower Tiktok dan lebih dari lima ribu follower di Instagram. Nixon mengungkapkan bahwa dalam sehari ia bisa membuat dua sampai tiga konten review cafe dan foodies.

“Selain mengenalkan kuliner Malang ke masyarakat, dengan pembuatan konten ini saya juga ingin membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Malang untuk mempromosikan produknya. Dengan begitu, saya juga bisa memberikan manfaat ke sesama,” kata Nixon.

Meski sibuk membuat konten, Nixon tidak pernah mengesampingkan pendidikannya. Ia mengaku bahwa pemberlakuan kuliah online karena pandemi sangat membantunya untuk mengatur jadwal.

Kegiatan kuliah bisa ia lakukan di mana pun, bahkan di sela-sela waktu membuat konten juga ia isi dengan kuliah ataupun mengerjakan tugas.

“Risiko menjalani kegiatan kuliah dan pembuatan konten ini adalah sedikitnya waktu untuk beristirahat. Meski begitu saya senang menjalaninya. Saya juga sangat beruntung dengan adanya ekosistem kampus putih yang memperhatikan influencer seperti saya. UMM banyak memberi wadah bagi saya untuk berkreasi sekaligus berjejaring dengan influencer-influencer lain yang ada di UMM,” ujar Nixon.

Baca juga: Sea Buka Beasiswa Penuh 2022 di UI, UGM, ITB, IPB, Binus, IT Del

Nixon berharap bahwa pandemi dapat segera berakhir sehingga UMKM serta pariwisata Malang dapat bangkit kembali.

“Selain itu saya juga berharap bahwa kampus-kampus lain di Indonesia dapat bersinergi dan membantu para Influencer muda untuk bertumbuh di dunia kreatif dan mendorong mereka untuk membantu perkembangan banyak sektor,” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com