Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Buat Lamaran via Email? Fresh Graduate, Perhatikan Dulu 10 Hal Ini

Kompas.com - 21/02/2022, 09:19 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Kini, mengirim surat lamaran kerja bisa dilakukan melalui email. Meski demikian, kita tak bisa asal-asalan dalam mengirim surat lamaran via email.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon pelamar kerja. Tentu agar HRD punya kesan bagus dan melirik surat lamaran kerjamu.

Menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Society for Human Resource Management, 70 persen HRD menyatakan bahwa mereka akan terus mempertahankan penerimaan karyawan dengan cara virtual (job portal, website resmi perusahaan, atau email) karena dianggap lebih hemat biaya dan waktu.

Baca juga: Mengapa Ingin Bekerja di Perusahaan Kami? Fresh Graduate, Coba Jawab Ini

Lantas, bagi para lulusan baru (fresh graduate) yang minim pengalaman butuh tips membuat lamaran kerja via email yang baik dan benar.

Melansir laman KitaLulus, ada 10 hal yang harus diperhatikan dalam membuat lamaran kerja via email:

1. Siapkan semua dokumennya

Hal pertama yang harus dilakukan ialah menyiapkan dokumen yang disyaratkan oleh perusahaan pada info lowongan kerja, seperti:

Curriculum vitae (CV): daftar riwayat hidup ini harus dibuat dengan lengkap, menarik dan informatif terdiri dari diri, kualifikasi pendidikan, pengalaman kerja, dan skill yang kamu miliki.

‍Dokumen pendukung: dokumen pendukung lainnya yang perlu dilampirkan ialah scan ijazah, Kartu Keluarga, SKCK, NPWP, dan lainnya.

Jika sudah, maka dijadikan satu file sesuai format yang diminta perusahaan, biasanya format .pdf.

2. Menulis subjek email

Dalam membuat email baru, maka harus pakai subjek email. Ini agar memudahkan HRD dalam memfilter email yang masuk. Tanpa subjek, maka email tidak sesuai subjek, maka ketika difilter, email kamu tidak akan terlihat.

Di iklan lowongan kerja, perusahaan mencantumkan subject untuk kamu gunakan saat mengirim email. Misalnya, (nama)_(posisi yang dilamar).

Jika lowongan pekerjaan tidak mencantumkan subject apa yang harus ditulis, kamu bisa tulis (posisi yang dilamar)_(nama).

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Tips Jawab 15 Pertanyaan Wawancara Kerja

3. Email tujuan sesuai info perusahaan

Ketika memasukkan email tujuan maka harus sesuai info dari perusahaan. Kamu harus memasukan nama penerima email dan CC email.

Ini juga penting agar email yang kamu kirimkan diterima kepada orang-orang yang tepat di perusahaan.

4. Perhatikan isi body email

Ketika menulis email, maka jangan biarkan body email kosong, ini adalah salam pembuka kamu kepada perusahaan. Tentu akan memberikan kesan baik kepada perusahaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com