Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unpad Masuk 10 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Versi UniRank 2021

Kompas.com - 24/01/2022, 13:18 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran (Unpad) masuk sepuluh besar perguruan tinggi terbaik Indonesia berdasarkan versi UniRank 2021, Jumat (21/1/2022).

Tahun ini, Unpad meraih peringkat ke-9, meningkat signifikan dari peringkat ke-30 pada tahun sebelumnya.

Baca juga: Sesajen Ditendang di Gunung Semeru, Ini Pandangan Pakar Unair

Sekretaris Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi Unpad, Arif Firmansyah mengatakan, UniRank menilai perguruan tinggi yang memiliki kriteria sudah diakreditasi oleh organisasi resmi, menyelenggarakan pembelajaran sarjana dan pascasarjana, serta memiliki program pembelajaran tatap muka dan jarak jauh.

Dalam pelaksanaannya, UniRank mengukur kinerja perguruan tinggi menggunakan empat mesin pengukur kinerja website yang berbeda, yaitu Moz Domain Authority, Alexa Global Rank, SimilarWeb Global Rank, dan Majestic Referring Domains Trust Flow.

Arif menyatakan, strategi penguatan website Unpad memfokuskan pada peningkatan kualitas konten dan optimasi pendukung mesin pencari (SEO).

Peran website institusi sangat memengaruhi terhadap penilaian ini.

Dengan peringkat Unpad yang meningkat signifikan, ini berarti strategi kemudahan pencarian informasi di mesin pencari dan konten website yang berkualitas telah efektif dilakukan.

"Artinya SEO kita semakin baik, penataan website Unpad juga semakin baik, dan di satu sisi Unpad gencar menghapus konten spam yang berdampak pada kualitas trust flow yang semakin baik," ucap Arif melansir laman Unpad, Senin (24/1/2022).

Rektor Unpad, Prof. Rina Indiastuti mengatakan, peningkatan kinerja Unpad di UniRank menunjukkan berbagai informasi dan kinerja Unpad telah tersampaikan dengan baik melalui website dan mampu menjangkau global.

"Unpad semakin beradaptasi pada tuntutan pemanfaatan teknologi, khususnya pemanfaatan web Unpad untuk mendukung komunikasi dan informasi untuk pendidikan, riset, inovasi, dan pengabdian pada masyarakat," jelas dia.

Baca juga: Mulai Februari 2022, Unpad Jalani PTM Terbatas

Unpad populer di media sosial

Tidak hanya pengukuran berbasis website, UniRank juga menilai popularitas perguruan tinggi berdasarkan media sosial.

Dalam hal ini, Unpad berhasil masuk lima besar perguruan tinggi Indonesia yang populer di media sosial.

Pada pemeringkatan "2021 Facebook University Ranking", Unpad menduduki peringkat ke-4 nasional dengan jumlah like 190.783.

Sementara pada "2021 Twitter University Ranking", Unpad menduduki peringkat ke-3 nasional dengan jumlah pengikut sebanyak 975.412.

Pada pemeringkatan "2021 Instagram University Ranking", Unpad menduduki peringkat ke-5 nasional dengan jumlah pengikut 263.761 dan jumlah unggahan 2.977.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com