Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asrama ITB Kembali Terima Penghuni Baru dengan Jumlah Terbatas

Kompas.com - 14/01/2022, 15:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Adanya penyesuaian SKB 4 Menteri mendorong seluruh jenjang pendidikan mengadakan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas mulai Januari 2022.

Kebijakan PTM terbatas ini harus dilaksanakan mengingat semua siswa di jenjang pendidikan mengalami kemunduran dalam capaian akademik. Termasuk mahasiswa di perguruan tinggi juga akan memulai kuliah tatap muka kembali.

Di jenjang perguruan tinggi, mahasiswa dinilai sudah bisa disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat mengikuti kuliah tatap muka. Sehingga tidak ada alasan untuk mundur lagi melaksanakan PTM terbatas.  

Selain mempersiapkan sarana dan prasarana yang harus dipenuhi saat melaksanakan PTM terbatas, sejumlah perguruan tinggi juga mulai mengaktifkan fasilitas yang dimiliki.

Baca juga: Anak Usaha United Tractors Buka Lowongan Kerja S1, Buruan Daftar

ITB mulai kuliah tatap muka

Untuk meningkatkan kembali kualitas capaian akademik, Institut Teknologi Bandung (ITB) memulai kuliah tatap muka terbatas pada semester genap tahun ajaran 2021/2022.

Mengingat mahasiswa ITB berasal dari berbagai daerah, Asrama ITB kembali menerima penghuni baru pada semester genap tahun ajaran 2021/2022.

Asrama ITB Sangkuriang, Asrama ITB Kidang Pananjung, Asrama ITB Kanayakan dan Asrama ITB Jatinangor melakukan pendaftaran ulang yang dimulai dari 3 hingga 16 Januari 2022.

Kegiatan daftar ulang ini tetap dengan memerhatikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19.

Baca juga: Mahasiswa UNY Ciptakan Alat Deteksi Kerumunan Gunakan CCTV

Batasi jumlah penghuni di asrama ITB

Melihat situasi pandemi yang masih belum selesai, Asrama ITB tetap membatasi jumlah penghuni dalam satu kamar.

"Waktu kondisi normal, Asrama ITB bisa menampung 2.500 penghuni. Tapi karena lagi pandemi, Asrama ITB hanya bisa menampung 701 penghuni," terang Asisten Asrama ITB Arif Mappe seperti dikutip dari laman ITB, Jumat (14/1/2022).

Meskipun masih dalam keadaan terbatas, hal ini tentu merupakan suatu kemajuan dari sebelumnya.

Hampir dua tahun Asrama ITB tidak beroperasi sehingga banyak kamar yang kosong. Namun, pada periode semester genap tahun ajaran 2021/2022, baik asrama di Kampus Ganesha maupun Kampus Jatinangor semuanya terisi.

"Ke depannya kita harapkan Asrama ITB bisa menerima lebih banyak penghuni dari periode sekarang," imbuh Arif.

Baca juga: Dosen UGM Bagikan Tips Cara Jaga Kesehatan Organ Reproduksi

Hal ini tentu diharapkan karena memang sangat banyak Mahasiswa ITB yang ingin tinggal di Asrama ITB.

"Sangat disayangkan fasilitas yang ada tidak bisa digunakan secara penuh karena pandemi yang tidak kunjung selesai," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com