Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Raffi Ahmad Niat Bawa Mezut Ozil ke Rans Cilegon, Ini Kata Dosen Unair

Kompas.com - 13/01/2022, 18:11 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan, pecinta bola tanah air digegerkan dengan rumor Raffi Ahmad yang berniat memboyong pemain bola internasional Mesut Ozil ke Rans Cilegon.

Keinginan Raffi itu pun menghadirkan pro kontra.

Baca juga: Tren Adopsi Spirit Doll, Ini Kata Pakar Unair

Banyak yang berharap asa itu terwujud, tapi tak sedikit pula yang skeptis akan keinginan Raffi Ahmad itu.

Adanya rumor itu membuat Dosen Komunikasi Bisnis Unair Dina Septiani angkat suara.

Menurut dia, apabila Raffi Ahmad berhasil mendatangkan Mesut Ozil, maka dapat dipastikan popularitas dan value Rans Cilegon akan meningkat.

"Potensi pasar olahraga di Indonesia ini sebenarnya tergolong tinggi. Kedatangan Mesut Ozil, pemain dengan market value yang besar tentu akan berpotensi meningkatkan revenue Rans Cilegon," kata dia melansir laman Unair, Kamis (13/1/2022).

Mesut Ozil yang kini bermain untuk klub Fenerbahce Turki diketahui memiliki harga pasaran sekitar 3,7 juta euro atau sekitar Rp 60,1 miliar.

Baca juga: 10 PTS Terbaik Indonesia Versi Webometrics 2022

Padahal nilai gaji itu lebih kecil 80 persen dari gajinya selama di Arsenal dulu.

Dina menerangkan, dalam bidang sport marketing, kehadiran sosok pemain yang berprestasi dapat berdampak pada citra dan nilai klub, tim, hingga markas atau lokasi klub berada.

Dina mencontohkan pada kuatnya sport marketing di Eropa yang mampu menaikkan pamor markas-markas klub sepak bola, seperti Stadion Santiago Bernabeu di Spanyol atau Stadion Old Trafford di Inggris.

Apabila Raffi Ahmad selaku Presiden Rans Cilegon nantinya gagal mendatangkan Mesut Ozil, maka akan ada langkah atau alternatif lain yang akan diambil.

Dina meyakini, Raffi Ahmad akan mencari pemain lain yang setidaknya memiliki market value yang setara dengan Mesut Ozil.

"Jika nggak bisa Ozil, dia mungkin akan mencari high profile athlete, dalam artian pemain sepakbola lain yang setidaknya sama terkenalnya," jelas dia.

Baca juga: 20 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Karena salah satu tujuan mendatangkan Mesut Ozil ini tidak hanya untuk menaikkan performa tim, tapi juga upaya menaikkan daya pikat Rans Cilegon di industri sepakbola Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com