Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk Isi Liburanmu dengan Baca 5 Buku Menarik, Ini Link-nya

Kompas.com - 01/01/2022, 13:41 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat libur akhir tahun, berwisata menjadi pilihan banyak orang. Tetapi, bagi siswa sekolah tak sempat untuk berwisata maka bisa melakukan banyak hal lainnya.

Salah satunya dengan membaca buku bacaan menarik. Bagi yang suka atau hobi membaca, tentu hal ini bakal tak dilewatkan untuk mengisi liburan sekolah.

Ada banyak buku dengan topik menarik yang bisa kamu jadikan bahan bacaan. Siswa SMP dapat mencoba membaca buku terkait bidang yang diminati, buku pengembangan diri, atau buku sejarah dan kebudayaan.

Baca juga: 5 Tips Aman Liburan Saat Pendemi dari UMA

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Rabu (29/12/2021), ini 5 referensi buku bacaan menarik berikut link-nya.

1. Fotografer Hebat (2021)

Jika siswa SMP memiliki ketertarikan terhadap dunia fotografi, maka modul “Fotografi Hebat” yang dirilis oleh Direktorat Sekolah Menengah Pertama ini bisa menjadi bacaan untuk memperdalam pengetahuan terkait fotografi.

Buku modul ini membahas topik seputar fotografi seperti jenis kamera dan pencahayaan, konsep pencahayaan, konsep komposisi, sampai dengan sejarah fotografi. Buku modul ini juga dikemas dengan format bergambar serta bahasa yang mudah dipahami.

Setelah membaca modul ini, siswa SMP jangan ragu untuk mempraktikkan langsung informasi yang didapat. Modul Fotografi Hebat dapat dibaca dengan mengunduh pada tautan ini.

2. Leang Bulu Sipong 4: Jejak Purba Tertua di Dunia yang Tersingkap (2021)

Meski tak bisa bepergian jauh dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih melanda, kamu tetap dapat ‘berkunjung’ ke Leang Bulu Sipong, Sulawesi Selatan.

Buku yang diterbitkan oleh Direktorat Perlindungan Kebudayaan Ditjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek ini dapat membawa siswa SMP melihat lebih dekat gambar gua figuratif tertua di dunia yang berumur sekitar 44 ribu tahun.

Baca juga: Mau Liburan? Cek 4 Hal Penting dari Dosen Unair

Meski memberikan informasi yang padat, buku ini tidak akan terasa membosankan karena dibuat dalam bentuk komik. Penasaran, kan? Silakan mengunduh komik Leang Bulu Sipong 4 pada tautan berikut.

3. Sekolah Aman: Mendukung Kualitas Pembelajaran Melalui Sekolah Aman dan Menyenangkan (2020)

Sekolah merupakan institusi pendidikan formal yang sudah seharusnya memberikan rasa aman dan menyenangkan kepada seluruh warga sekolah.

Untuk mewujudkan hal tersebut, siswa SMP yang berprofesi sebagai pendidik dan tenaga kependidikan dapat membaca buku yang diterbitkan oleh (Puslitjak) Kemendikbud Ristek pada 2020. Buku ini dapat diunduh pada tautan ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com