Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penelitian Unair: Daun Sambiloto Punya Potensi Anti-Malaria

Kompas.com - 30/12/2021, 19:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Prevalensi malaria di Indonesia terbilang cukup tinggi. Indonesia menduduki peringkat ke-26 di antara negara di dunia yang endemik malaria dengan prevalensi 9,19 per 100 penduduk.

Malaria masih menjadi masalah kesehatan besar baik di dunia maupun di Indonesia. Malaria yang disebabkan oleh parasit darah Plasmodium yang ditularkan melalui nyamuk Anopheles.

Hal tersebut, memberi kerugian yang sangat fatal. Mengingat infeksi yang disebabkan oleh Plasmodium ini masih menjadi endemik di beberapa wilayah Indonesia

Adanya resistensi parasit terhadap obat standar yang ada, membuat diperlukannya penemuan obat malaria baru.

Baca juga: Peneliti IPB: Jahe, Kunyit, dan Temulawak Bisa Obati 30 Jenis Penyakit

Beberapa tanaman Indonesia diketahui memiliki aktivitas antimalaria dan secara empiris telah digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat malaria.

Tanaman obat herbal yang memiliki banyak khasiat salah satunya yaitu daun Tanaman Sambiloto.

Tanaman sambiloto mudah ditemukan di ladang atau halaman rumah. Jangan heran, sambiloto merupakan tanaman obat keluarga (TOGA).

Dilansir dari laman Universitas Airlangga (Unair), sambiloto mengandung banyak senyawa aktif di dalamnya yaitu mengandung saponin, alkaloid, flavonoid, dan tanin, serta daun sambiloto mengandung Kalsium, Karbon Aktif, Vitamin A, Kalium dan Besi.

Selain itu, sambiloto memiliki sifat antiradang, penghilang nyeri, dan penawar racun. Jadi jangan heran jika sambiloto tenar di dalam dunia pengobatan herbal.

Serta komponen senyawa aktif dalam tanaman sambiloto memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Sambiloto (A. Paniculata) telah digunakan oleh masyarakat lokal sebagai obat untuk mengurangi rasa sakit akibat gigitan ular dan serangga.

Kegunaan lain adalah untuk gangguan saluran cerna, tekanan darah tinggi, encok, raja singa, sakit haid, gangguan hati dan penyakit kuning.

Selain sebagai obat, sambiloto juga memiliki khasiat yaitu meningkatkan imunitas tubuh.

Secara in vivo dan in vitro maupun uji klinis, daun tanaman sambiloto ini bermanfaat sebagai obat antimalaria . Namun hal ini perlu upaya lebih lanjut, dan tidak bisa langsung diterima sebagai obat antimalaria di masyarakat.

Sehingga, perlu pengembangan lebih lanjut terhadap obat tanaman sambiloto secara profilaksis.

Baca juga: Ramai soal Metaverse, Pakar Unair Jelaskan Dampaknya

Maupun secara terapi komplementer pada subjek yang lebih luas untuk menjamin efektivitas dan keamanan obat herbal sebelum dipasarkan secara luas kepada masyarakat terkhusus pada daerah endemik malaria di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com