Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda 2021, I3L Terus Kembangkan Kolaborasi Industri

Kompas.com - 23/12/2021, 16:18 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Indonesia International Institute for Life Sciences (i3L) menggelar wisuda keempat pada Kamis, 23 Desember 2021 secara virtul sebagai upaya menekan penyebaran pandemi Covid-19.

Prosesi wisuda dipimpin langsung Rektor I3L, Iwan Surjawan didampingi anggota senat di Auditorium I3L. 

Dalam kesempatan tersebut, Raden Leonny Yulita Hartiadi, Wakil Rektor I3L menyampaikan, akreditasi Fakultas Food Science mengalami peningkatan status dari Baik menjadi Sangat Baik

Selain itu, Leonny juga menjelaskan persiapan I3L dalam mengantisipasi, mempersiapkan, dan juga mengimplementasikan rencana dalam menghadapi pandemi.

Salah satu antisipasi dilakukan adalah dengan menggelar Covid-19 Mini Symposium dengan mengundang Prof. Amin Soebandrio pada bulan Februari 2020. Selain itu, I3L telah melakukan edukasi dan sosialisi terhadap fakultas-fakultas di I3L terkait pemahaman tentang Covid-19 dan apa saja yang perlu disiapkan ketika Indonesia menghadapi pandemi.

Selama pandemi, institut yang telah berdiri sejak tahun 2014, telah berhasil mengubah proses pembelajaran yang awalnya bersifat offline menjadi online dibantu dengan teknologi serta fasilitas yang ada.

I3L pun telah melakukan berbagai upaya untuk membekali mahasiswanya agar tetap dapat bersaing di dunia kerja maupun dunia usaha.

“I3L juga mengimplementasikan simulasi virtual lab untuk proses pembelajarannya yang mana para mahasiswa dan mahasiswi i3L tetap dapat melakukan kegiatan laboratorium secara simulasi virtual," ungkap Leonny.

"Seluruh fakultas juga berkontribusi untuk merekam penelitian di laboratorium sehingga para mahasiswa tetap dapat mempelajari eksperimen secara maksimal walaupun dalam keadaan pembelajaran online,” tambahnya.

Baca juga: Di Wisuda UNU Yogya, Mensesneg: Generasi Muda Harus Update Hal Baru

Lebih jauh Leonny juga menyampaikan, I3L mendapatkan hibah penelitian internasional dari Toray Science Foundation, CDTI berkolaborasi dengan Technova Spanyol dan juga South East Asia Europe Joint Funding Scheme.

I3L juga melakukan kolaborasi penelitian bersama industri dengan Orang Tua Grup dan Juga PT Paragon Technology and Innovation.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com