Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lowongan VR Developer Tumbuh 1.400 Persen, Kalbis Institute Buka Program VR

Kompas.com - 21/12/2021, 16:34 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kalbis Institute secara resmi meluncurkan program Bachelor of Informatics in Virtual Reality (21/12/2021). Program ini merupakan respons Kalbis Institute menyelaraskan kurikulum sesuai kebutuhan industri.

Kalbis Institute menilai dalam beberapa waktu terakhir virtual reality (VR) menjadi salah satu kebutuhan penting di masa depan, terlebih sejak Facebook mengeluarkan Metaverse sebagai salah satu model bisnis terbaru dalam dunia digital.

Belum lagi melihat kebutuhan di berbagai sektor yang sangat membutuhkan VR, seperti yang disampaikan oleh medicalfuturist.com, di mana kebutuhan akan VR ini sangat membantu dunia kesehatan di masa depan.

Hal inilah yang mendorong Kalbis Institute melakukan perubahan kurikulum sehingga cocok dengan kebutuhan di industri nantinya.

Di dalam program VR, Kalbis Institute mengedepankan project based learning atau pembelajaran berbasis proyekdi mana mahasiswa dituntut mampu memiliki proyek akhir sehingga berpengalaman dalam pengembangan solusi kreatif untuk AR maupun VR.

Selain itu program ini juga didukung dengan state of the art facilisties, yaitu mahasiswa memiliki lab dan hal pendukung lain sehingga mereka tidak hanya memiliki kemampuan teoritis.

Lewat program ini mahasiswa diharapkan akan memiliki kemampuan teknis, desain dan skill profesional lain seperti game engine programming, technology integration, dan masih banyak lagi.

Lulusan program studi ini diharapkan mampu menciptakan seseorang yang memiliki kemampuan menjadi VR developer, XR game play and tools, technical 3D artist, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Wahana VR Misteri Wengi Hadir di 5 Kota Besar Pulau Jawa

 

Salah satu bentuk nyata untuk mencapai lulusan ini adalah dimana mahasiswa Kalbis Institute atas nama Joseph Chou Jyh telah melaksanakan program “BoosterCamp” yang untuk VR dan AR yang dilaksakan di Dongseo University, Korea Selatan.

Tidak hanya itu, khusus untuk program ini Kalbis Institute didukung Markus Santoso, VR Developer dan Assistant Professor di The University of Florida, AS.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com