Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Model Pembelajaran Holistik Integratif TK Islam Alazka

Kompas.com - 14/12/2021, 22:27 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Pendidikan anak sejak dini menjadi penting karena menjadi titik sentral membangun pondasi dasar kepribadian anak, demi menjadi manusia yang beradab di masa mendatang.

Pada dasarnya, anak merupakan suatu totalitas yang utuh, oleh karena itu dibutuhkan pendidikan yang menyeluruh untuk memenuhi hak anak, salah satunya adalah dengan menyekolahkannya di sekolah yang menerapkan holistik integratif.

Holistik integratif adalah pendidikan yang mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan seperti nilai moral, etis, religius, psikologis, filosofis, dan sosial dalam kesatuan yang dilakukan secara menyeluruh antara jiwa dan badan serta aspek material dan aspek spiritual untuk memenuhi kebutuhan esensial anak.

Terkait hal ini, Senin (13/12/2021) TK Islam Al-Azhar Kelapa Gading (TK Islam Alazka) mendapatkan kunjungan kerja Bunda PAUD Jakarta Utara Rahayu Asih dalam pelayanan PAUD Holistik Integratif.

Penerapan pembelajaran holistik

“Terima kasih kepada Ibu Dewi selaku Kepala Sekolah TK Islam Alazka bersama jajarannya yang sudah merawat sekolah dengan baik walaupun saat dalam kondisi pandemi ini dan apresiasi kepada TK Alazka yang sudah mendukung pendidikan PAUD berkualitas," ungkap Rahayu Asih.

"TK Islam Alazka menjadi bagian penting dalam merdeka belajar untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045, kita akan bangga sepuluh, dua puluh tahun kemudian bahwa anak-anak lulusan dari TK Alazka akan menjadi anak-anak yang hemat dan tangguh,” tambahnya.jm

Pihak Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading merasa senang atas kunjungan Pokja Bunda PAUD Jakarta Utara dan kehadiran seluruh para pemangku kepentingan program layanan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif ini.

Baca juga: Siswa TK-SDK Sorowajan Bantul Diajak Jadi Duta Pencegahan Penyebaran Covid

“Kami berterima kasih atas kunjungan kerja Pokja Bunda PAUD Jakarta Utara ini, sinergitas antara seluruh pemangku kepentingan ini menjadi penting karena dapat meningkatkan kualitas layanan Pendidikan TK Islam Alazka dalam mewujudkan anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia” (Farida Sjafiani, Wakil Ketua Pelaksana Harian Bidang Komunikasi & Pengembangan Yayasan Al-Azhar Kelapa Gading, Jakarta Utara).

Dewi Farida Padhil, Kepala Sekolah TK Islam Alazka mengungkapkan TK Islam Alazka sudah menerapkan model pembelajaran holistik integratif.

“Memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa-siswi TK Islam Alazka dalam rangka penerapan pembelajaran holistik integrasi terus dilakukan melalui berbagai cara," ujar Dewi Farida.

"Di antaranya pembelajaran langsung diluar sekolah misalnya kunjungan siswa ke peternakan sapi, ke perkebunan, ke toko buku untuk menumbuhkan budaya literasi, pentas budaya lokal budaya betawi ini dilakukan dengan bekerjasama dengan berbagai instansi atau perusahaan," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir perwakilan Ibu-Ibu PKK, Bunda PAUD Kelurahan Kelapa Gading Timur, Ketua IGTK Jakarta Utara dan dari pihak RT setempat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com