Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Dasawarsa, OJK Berikan Pelatihan Sahabat Disabilitas di Kampus Kita Setara

Kompas.com - 29/11/2021, 20:57 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersinergi dengan Kita Setara Indonesia menggelar pelatihan bagi puluhan penyandang disabilitas mengikuti pelatihan barista dan menjahit.

Kegiatan yang digelar dalam rangka HUT Satu Dasawarsa OJK ini dilaksanakan di Kampus Kita Setara pada Sabtu, 29 November 2021 dan diikuti Sahabat Disabiltas dari rentang usia 17-35 tahun, dengan berbagai latar belakang pendidikan SMP, SMA dan S1.

"Dalam rangka peringatan HUT Satu Dasawarsa, OJK melakukan serangkaian kegiatan aksi sosial bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia," kata Ketua Panitia HUT OJK, Sotarduga Napitupulu, melalui rilis resmi (29/11/2021)

Khusus untuk penyandang disabilitas, OJK melakukan pelatihan wirausaha dan peningkatkan skill yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan equalisasi.

Selain itu, OJK juga melakukan pelatihan untuk guru yang akan menjadi pengajar di daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal).

"Kurun waktu pelaksanaan kegiatan dimulai sejak bulan September 2021 sampai dengan minggu kedua Desember 2021 sehingga aksi sosial satu Dasawarsa OJK juga menjadi rangkaian dari peringatan Hari Disabilitas International (HDI) pada 3 Desember 2021," jelas Sotarduga.

Menurutnya, program pelatihan disabilitas ditargetkan menjangkau 659 peserta baik melalui media pelatihan online dan pelatihan secara offline dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan sama, Agusnadi, Founder Kita Setara Indonesia, menyampaikan apresiasi positif terkait kolaborasi OJK dan Kita Setara menggelar pelatihan di Kampus Kita Setara.

Baca juga: PPDI: Kesenjangan Pendidikan Penyandang Disabilitas Berdampak pada Kesempatan Kerja.

"Visi dan mimpi Sahabat Disabilitas adalah Kesetaraan, kesetaraan belajar, kesetaraan ekonomi dan kesetaraan mendapatkan kesempatan lebih baik, sehingga Kampus juga kami artikan menjadi tempat belajar bagi siapapun sahabat disabilitas secara free tanpa dipungut biaya," jelas Agusnadi.

Di Kampus Kita Setara ini, Agusnadi berharap Sahabat DIsabiltas dapat belajar pengembangan diri, belajar bisnis wirausaha barista, menjahit, batik, digital marketing dan lainnya untuk mendapatkan kesetaraan.

Lebih jauh Agusnadi menyampaikan, merupakan tantangan dan peluang untuk terus berjuang karena turunnya penjualan dan peluang usaha bagi para Sahabat Disabilitas pelaku usaha.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com