Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Prasmul Raih Penghargaan Bidang Kewirausahaan Kemendikbud Ristek

Kompas.com - 28/11/2021, 21:48 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Prasetiya Mulya (Prasmul) memperoleh penghargaan Kemendikbud Ristek sebagai tiga besar Perguruan Tinggi Penerima Pemenang Kompetisi Kewirausahaan Terbanyak 2021.

Penghargaan diberikan atas komitmen Universitas Prasmul dalam menciptakan lulusan perguruan tinggi dengan semangat kewirausahaan.

Prof. Agus W. Soehadi, Wakil Rektor 1 Bidang Pembelajaran Universitas Prasmul mengungkapkan, penghargaan ini menunjukkan keaktifan mahasiswanya dalam mengikuti berbagai kompetisi kewirausahaan di berbagai tingkat.

“Sebagai institusi pendidikan, kami senantiasa berupaya menciptakan sebuah ekosistem yang mampu menumbuhkan jiwa kompetisi mahasiswa melalui kurikulum pendidikan dan budaya universitas yang diturunkan dari tiap angkatan mahasiswa sehingga kompetisi sudah menjadi bagian dari keseharian mereka,” ungkap Prof. Agus.

Banyaknya mahasiswa yang mengikuti kompetisi kewirausahaan pun tidak terlepas dari semangat wirausaha yang sudah melekat erat dengan Universitas Prasmul.

“Value ini pun terinternalisasi di setiap fakultas melalui pendampingan program personal development sehingga mahasiswa tak hanya mampu mengikuti kompetisi kewirausahaan namun ketika lulus," jelas Prof. Agus.

"Value ini diharapkan juga bisa membantu mereka dalam membangun usaha maupun berkarir sebagai tenaga profesional,” tambah Prof. Agus.

Rudy Handoko, Direktur Kemahasiswaan, Karakter dan Alumni Universitas Prasmul menjelaskan ekosistem yang memacu jiwa berkompetisi juga terefleksikan melalui soft skill assessment yang dilakukan secara berkala, di mana salah satu komponen yang dinilai yakni achievement oriented.

Baca juga: WhatsApp dan Kemendikbud Ristek Gelar Pelatihan Lahirkan Wirausaha Muda

 

“Kami percaya seorang pebisnis harus memiliki keinginan dan kemampuan untuk mengejar prestasi atau mencapai suatu target guna bertahan dan menonjol di ketatnya persaingan dunia bisnis," jelas Rudy.

"Salah satu cara kami mengasah soft skill ini adalah mendorong mahasiswa mengikuti berbagai kompetisi yang mampu menguji dan memberikan validasi atas ide dan inovasi mereka,” tambahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com