Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kampus di Indonesia Ini Punya Jalur Masuk Ketua OSIS

Kompas.com - 27/11/2021, 14:20 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buat kamu yang siap mengincar kampus-kampus terkemuka di Indonesia, mungkin harus mencoba satu jalur khusus.

Jalur ini diperuntukkan bagi kamu yang pernah mengemban tugas menjadi Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS.

Tidak cuma satu kampus saja yang menyediakan jalur ini. Melansir dari Instagram Masukkampus, ada 6 kampus yang menyediakan jalur Ketua OSIS.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 3 Tips Berorganisasi di Kampus

 

Dibawah ini, merupakan syarat tahun ini. Mungkin bisa saja berubah di tahun selanjutnya, namun ini bisa untuk acuan kamu memahami persyaratan ketika memilih jalur ini. Seperti apa persyaratannya di masing-masing kampus?

Institut Pertanian Bogor (IPB) University

Kampus IPB University menawarkan jalur ketua OSIS dengan beragam persyaratan. Dilansir dari laman IPB University, pada tahun ini ada sejumlah persyaratan sebagai berikut:

  • Pernah menjadi ketua OSIS selama di SMA/MA, yang di perkuat dengan surat Kepala Sekolah bahwa pelamar adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama sekurangnya satu periode, dilengkapi dengan surat keputusan kepala Sekolah tentang pengangkatan pelamar sebagai ketua OSIS
  • Lulusan tahun 2021 jurusan IPA
  • Rata-rata nilai Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi selama 5 semester sekurangnya 80,
  • Bersedia mendapatkan pelatihan kepemimpinan, kewirausahaan dan pelatihan lainnya.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Anak IPS dengan Prospek Kerja Besar

Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ)

Untuk Ketua OSIS, kamu bisa mengikuti jalur khusus di UPNVJ melalui jalur prestasi. Dilansir dari laman UPNVJ, syaratnya kamu adalah Ketua OSIS selama sekurangnya satu periode. Jalur Ketua OSIS, memiliki kuota sebanyak 2 persen. Syarat lainnya, sebagai berikut:

  • Calon peserta yang dapat mengikuti jalur ini adalah mereka yang pernah menjadi Ketua OSIS (bukan wakil ketua/ketua bidang/ketua divisi/koordinator) selama satu periode kepengurusan.
  • Kriteria Ketua OSIS dilihat dari akreditasi sekolah calon peserta.
  • Pada saat pendaftaran calon peserta wajib mengunggah bukti asli/berwarna akreditasi sekolah dan Surat Kepala Sekolah bahwa peserta adalah benar siswa di sekolahnya dan pernah menjadi ketua OSIS selama satu periode yang kemudian akan divalidasi oleh tim seleksi.

Universitas Airlangga (Unair)

Unair membuka jalur Golden Ticket pada SNMPTN 2021 untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi luar biasa termasuk pengalaman menjadi Ketua OSIS. Jalur ini adalah jalur percepatan yang bisa diraih oleh pendaftar SNMPTN.

Kriteria calon mahasiswa baru yang layak mendapat Golden Ticket adalah memiliki prestasi yang outstanding, yakni prestasi internasional dari institusi internasional yang terpandang dan kredibel, serta linier dengan program studi yang dipilih. Selain itu, peserta juga harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dari sekolah terpandang.

Kemudian, nilai akademis juga menjadi penentu diterimanya peserta pada jalur ini. Meskipun bukan persyaratan yang mutlak, tapi nilai akademik tetap akan diperhitungkan. Penilai yang paling penting adalah prestasi yang outstanding. Siswa/siswi yang pernah menjadi ketua OSIS, tapi tidak menempati ranking 1, 2 atau 3 tetap akan diutamakan jika memiliki segudang prestasi outstanding. Dilansir dari laman Unair, ini ketentuan pendaftaran mahasiswa baru Unair bagi Ketua OSIS:

  • Peserta harus memilih Unair sebagai pilihan utama pada SNMPTN.
  • Peserta harus mengikuti rangkaian acara Airlangga Education Expo (AEE) yang diselenggarakan secara daring dan mengisi absensi untuk mendapatkan bukti kehadiran, yang nantinya akan dilampirkan pada proses pendaftaran Golden Ticket
  • Peserta harus melakukan pendaftaran di link yang tersedia untuk mengikuti jalur Golden Ticket.

Baca juga: Tips Memilih Jurusan Kuliah dari Warek Unpad

Universitas Negeri Surabaya (Unesa)

Sebagai salah satu PTN yang membuka jalur ketua OSIS pada tahun 2020 lalu. Tahun ini Unesa kembali menjalankan seleksi bagi siswa/siswi lulusan SMA melalui jalur prestasi kepemimpinan. Jalur ini masuk dalam kategori seleksi mandiri Unesa. Jalur prestasi kepemimpinan diperuntukan bagi siswa/siswi yang memiliki pengalaman sebagai ketua OSIS, wakil ketua OSIS, dan sekretaris. Syaratnya, sebagai berikut:

  • Calon mahasiswa jalur prestasi kepemimpinan harus memenuhi persyaratan administrasi yang dilengkapi sertifikat atau surat keterangan dari Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa yang siswa/siswi yang bersangkutan pernah menjadi pengurus OSIS.
  • Selain itu nilai rapor juga harus dilampirkan. Nantinya pihak kampus akan melakukan verifikasi berkas dan mengumumkan lolos atau tidaknya.

Universitas Hasanuddin (Unhas)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com