Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inspiratif, Dosen Unsoed Ini Raih Dua Penghargaan Internasional

Kompas.com - 22/11/2021, 11:11 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini tak menghentikan sivitas akademika di Indonesia untuk berhenti berprestasi.

Bahkan dalam kondisi pandemi Covid-19 banyak penelitian dan inovasi yang sangat membantu masyarakat.

Termasuk Dosen Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Yanuar Haryanto sekaligus kandidat PhD di National Cheng Kung University (NCKU) Taiwan juga menorehkan prestasi di luar negeri.

Staf pengajar Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Unsoed ini berhasil meraih dua penghargaan sekaligus dalam waktu berdekatan.

Baca juga: Keren, Tim Riset ITB Olah Limbah Kopi Jadi Produk Makanan dan Minuman

Dosen Unsoed raih dua penghargaan sekaligus

Yanuar ditetapkan sebagai salah satu pemenang penghargaan Veritas et Conscientia Scholarship. Yakni sebuah program yang menawarkan beasiswa dengan nilai nominal tertinggi secara nasional bagi mahasiswa internasional yang mengejar gelar doktor di Taiwan.

Yanuar juga menduduki peringkat pertama dari seluruh mahasiswa internasional yang berasal dari College of Engineering yang menerima penghargaan tersebut.

Selain itu, Yanuar juga ditetapkan sebagai salah satu penerima penghargaan Honorable Mention Award dalam ajang The Grand Review and Competition for PhD Student/Postdoctoral Research Fellow, yang diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis ke-90 NCKU.

Presiden NCKU Profesor Huey-Jen Su menyampaikan, nilai inti pendidikan adalah membawa perubahan positif kepada masyarakat melalui penelitian dan pengembangan bakat. Mahasiswa internasional NCKU juga menjadi kunci dalam memajukan kampus NCKU agar lebih dinamis dan inovatif.

Baca juga: Yuk Cermati Perbedaan 8 Jalur Masuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Menurutnya, alumni NCKU akan memainkan peran yang sangat penting dalam masyarakat, serta berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kemajuan pembangunan di Taiwan.

"Penghargaan Veritas et Conscientia Scholarship akan lebih menggugah minat mahasiswa internasional program doktoral di NCKU dalam bidang akademik dan sains," terang Huey-Jen Su seperti dikutip dari laman Unsoed, Senin (22/11/2021).

Profesor Hsuan-Teh Hu selaku pembimbing utama mengatakan Yanuar adalah mahasiswa paling berprestasi yang pernah dibimbingnya selama ini.

Sampai saat ini Yanuar telah menerbitkan 11 paper yang berafiliasi NCKU dengan 6 di antaranya merupakan paper yang terindeks Science Citation Index (SCI).

Baca juga: Kisah Haru, Balita Ini Mewakili Wisuda Ayahnya yang Meninggal

Selain itu, Yanuar juga saat ini membimbing 4 mahasiswa program master mengerjakan penelitian dengan topik perkuatan elemen struktur bangunan.

"Yanuar sangat layak mendapatkan penghargaan Veritas et Conscientia Scholarship dan Honorable Mention Award. Saya percaya bahwa di masa depan, Yanuar akan terus menunjukkan prestasi dalam karirnya yang akan membuat NCKU bangga kepadanya," imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Profesor Han Ay Lie dan Profesor Fu-Pei Hsiao selaku pembimbing pendamping.

Yanuar mengaku, dia berterima kasih kepada NCKU atas pengakuan untuk prestasinya, dan sekali lagi berharap pencapaiannya dapat memotivasi mahasiswa lainnya, khususnya yang berasal dari Indonesia.

Baca juga: 5 Mata Kuliah Ini Bakal Dipelajari jika Pilih Jurusan Farmasi

Yanuar menekankan, penghargaan yang diraihnya tak lepas dari dukungan dan inspirasi dari para pembimbing, senior, kolega dan pimpinan di Unsoed. Serta keluarga dan sahabat yang sangat dihormatinya.

"Kembali saya menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada mereka semua, yang telah mendorong saya mencapai tahap di mana saya dapat dengan bangga menerima penghargaan-penghargaan ini sebagai tanda pencapaian saya," tutup Yanuar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com