Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 8 Sekolah Kedinasan yang Dibuka Setiap Tahun, Mana Pilihanmu?

Kompas.com - 21/11/2021, 15:03 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sekolah kedinasan, selalu menjadi incaran para siswa setiap tahunnya. Tahun ini, jumlah pendaftarnya saja mencapai 286 ribu pendaftar.

Pendaftaran sekolah ikatan dinas di Indonesia dilakukan dalam satu portal, yakni milik Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sekolah Tinggi Kedinasan sendiri, merupakan perguruan tinggi yang berada langsung di bawah kementerian atau lembaga pemerintahan.

Rata-rata, peserta yang lolos langsung menjalani ikatan dinas. Artinya, setelah lulus dari Sekolah Kedinasan, kamu bisa langsung bekerja dan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Proses seleksi

Proses seleksinya cukup panjang dan lumayan berat. Tentu saja, karena sekolah kedinasan menjanjikan masa depan cerah bagi para lulusannya.

Tak heran, bila banyak yang menilai tes untuk masuk Sekolah Kedinasan pun lebih sulit dibanding PTN. Walaupun tidak sama untuk semua institusi, ada beberapa tahapan seleksi yang biasanya harus kamu ikuti antara lain:

  • Tes Kemampuan Akademik (TPA): tes numerik (angka), tes logika, tes spasial (gambar ruang)
  • Tes Kemampuan Dasar (TKD): Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi
  • Tes Kemampuan Bidang (TKB): ujian tulis, tes psikologi lanjutan, ujian praktik untuk bidang tertentu
  • Tes Kesehatan
  • Psikotes
  • Wawancara
  • Tes Kesamaptaan: tes fisik untuk sekolah kedinasan dengan sistem pendidikan semi militer

Baca juga: 5 Tanda Kamu Cerdas secara Emosional

Perkiraan jadwal pendaftaran

Setiap tahunnya proses penerimaan untuk sekolah tinggi Kedinasan dimulai di waktu yang berbeda-beda. Biasanya, proses seleksi dimulai pada sekitar bulan April dan selesai di bulan Agustus atau September.

Dilansir dari laman dikdin.bkn.go.id, ada beberapa sekolah kedinasan yang bisa dilamar melalui situs ini setiap tahunnya. Merangkum dari masing-masing portal sekolah kedinasan, berikut daftarnya.

1. STAN

Sekolah ikatan dinas di Indonesia yang pertama adalah Politeknik Keuangan Negara STAN. Sekolah ini berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan.

Lulus dari sekolah ini, peserta didik bisa ditempatkan di berbagai instansi pemerintah yang tengah membutuhkan aparatur pengelola keuangan negara.

2. Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan HAM

Selain itu, ada lagi sekolah kedinasan di bawah naungan Kemenkumham yang bakal diterima jadi CPNS. Yaitu Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi.

3. Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

PTK yang satu ini masih di bawah naungan Kementerian Pertahanan bagian sub badan intelijen negara. SSN sendiri memiliki jenjang studi untuk program Diploma IV. selain itu, buat kamu yang lolos di PTK ini kamu bakalan terbebas dari biaya pendidikan dan mendapatkan asrama selama masa studi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com