Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sinergi PPI Dunia-KemenKopUKM Dorong Produk UKM Tembus Pasar Global

Kompas.com - 15/11/2021, 18:59 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID) berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KemenKopUKM) guna mendukung produk UKM Indonesia agar mampu menembus pasar global.

PPI Dunia akan bekerja sama dengan KemenKopUKM untuk mengembangkan Business Incubator UKM baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri.

Selain itu juga, PPI Dunia akan mengembangkan Toko dan Koperasi PPI Dunia yang ke depan diharapkan bisa bermanfaat untuk anggotanya.

Hal tersebut disampaikan oleh pimpinan rombongan dan koordinator PPID, Faruq Ibnul Haqi dalam pertemuan dengan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Baca juga: Beasiswa S2 University of Cambridge 2022, Tunjangan Rp 351 Juta Per Tahun

Ia menyampaikan terkait sinergi program dengan KemenKopUKM dalam mendukung produk UKM Go Internasional. Termasuk menjelaskan bagaimana peran PPI Dunia dalam mendukung produk UKM bisa masuk ke dalam pasar global.

“PPI Dunia akan berkolaborasi dengan Kemenkop UKM untuk mendukung lokal produk UKM Indonesia mampu menembus pasar global. Ini akan kita kolaborasikan dengan semua unsur stakeholder baik itu di dalam negeri maupun luar negeri”, ucap Faruq dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Senin (15/11/2021).

Sinergi PPI Dunia dalam mengembangkan produk lokal UKM tersebut disambut positif oleh Menteri Teten.

Baca juga: Desa Terang Desa Internet, Inisiasi PPI Dunia Hadirkan Internet Daerah 3T

Teten mengatakan, apa yang disampaikan oleh PPI Dunia terkait rencana pengembangan UKM Indonesia Go Global sejalan dengan apa yang sekarang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

"Ini adalah salah satu upaya kolaborasi dalam mengakselerasi produk UKM tembus ke pasar internasional," tutur Teten.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com