Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Online Jadi Pilihan di Masa Pandemi Covid-19

Kompas.com - 12/11/2021, 18:09 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Sejak 16 Maret 2020, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan agar sekolah menjalankan sekolah daring atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Hal itu dikarenakan demi memutus penyebaran virus Covid-19 di lingkungan sekolah.

Baca juga: 10 SMA Terbaik di Bandung dan Malang Berdasar Nilai UTBK 2021

Setelah hampir dua tahun dihadapi pandemi Covid-19, terjadi pergesaran dunia pendidikan yang cukup signifikan di Indonesia.

Sekolah online yang diciptakan untuk menjadi solusi agar anak-anak tetap memperoleh pendidikan di masa pandemi Covid-19, kini berpeluang dilanjutkan.

Bahkan di beberapa sekolah umum yang sudah mulai melakukan aktivitas pembelajaran tatap muka, beberapa orangtua siswa lebih memilih melanjutkan metode daring untuk pendidikan anaknya.

Di Indonesia, fenomena sekolah online sudah mulai bermunculan.

Mulai dari sekolah online yang bergerak di spesifik ilmu, seperti kursus Bahasa Inggris online dan sekolah online khusus Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Salah satunya Sekolah Online Akubisa yang khusus untuk pendidikan anak usaha 2-6 tahun dengan menggunakan Bahasa Inggris, sebagai pengantar dan mengeluarkan ijazah resmi untuk untuk mendaftar ke sekolah dasar (SD).

"Dalam memilih sekolah untuk anak, kita makin memiliki berbagai pilihan metode dan kurikulum belajarnya, apapun selalu ada plus minus dari tiap pilihan," ucap Psikolog Anak dan Keluarga, Samanta Elsener dalam keterangan resminya, Jumat (12/11/2021).

Menurut dia, sekolah online adalah pilihan yang baik untuk PAUD.

Baca juga: Mendikbud Ristek: 3 Sanksi bagi Pelaku Kekerasan Seksual di Kampus

Selain aman karena kegiatan belajar dilakukan di rumah dan didampingi orangtua, juga masa keemasan anak dapat dimaksimalkan dengan belajar dibimbing guru di sekolah online.

"Pastikan kita tahu apa yang dibutuhkan oleh anak, dengan mengenali karakter dan kebutuhan anak dalam belajarnya. Karena pendidikan anak usia dini merupakan satu hal yang penting untuk pengembangan kemampuan kognitif anak di mana menjadi pintu gerbang utama untuk pendidikan selanjutnya," ucap Samanta.

Influencer cilik bernama Mazaya Amania juga menyatakan sekolah online merupakan pilihan yang baik saat pandemi Covid-19.

Di usia ke-5 tahu, dia sudah lancar bicara dan rajin memproduksi konten bersama kedua orangtuanya.

Mazaya sejak kecil sudah sekolah online, itu karena kecerdasannya terbukti lebih daripada anak seusianya.

Baca juga: Nadiem Makarim Minta Korban Kekerasan Seksual di Kampus Buka Suara

Bahkan Mazaya Amania sudah menjadi narasumber di beberapa acara parenting, salah satunya menjadi bintang tamu di Podcast Akubisa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com