Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menko Muhadjir Resmi Buka Temu Nasional Forum Ilmu Pendidikan

Kompas.com - 10/11/2021, 12:17 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

 

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan (Menko PMK), Prof. Muhadjir Effendy secara resmi membuka Forum Ilmu Pendidikan-Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) 2021.

Forum ini menjadi pertemuan ilmiah rutin dua tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperluas dan mempererat kerja sama, komunikasi, dan kemitraan antar Fakultas Ilmu Pendidikan di Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) Negeri maupun Jurusan Ilmu Pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta se-Indonesia.

Tahun 2021 ini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta (FIP UNJ) menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan FIP-JIP 2021 yang mengangkat tema “Mengoptimalkan Implementasi Program Kampus Merdeka Untuk Lulusan yang Cerdas, Profesional, Berwawasan Kependidikan, Religius dan Cinta Tanah Air”.

Kegiatan Temu Nasional FIP-JIP 2021 digelar 9-11 November 2021 di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain luring, kegiatan ini juga dilakukan secara virtual yang dapat disaksikan lewat kanal YouTube Edura TV. 

Menguatkan keilmuan pendidikan

Dalam sambutannya, Prof. Muhadjir Effendy mengatakan dirinya optimis Indonesia akan bisa lepas dari jebakan pendapatan menengah, kalau para pakar ilmu pendidikan mengkaji berbagai macam teori dan mencari teori yang kompatibel untuk Indonesia.

"Dan saya terus terang ini merupakan hari bahagia untuk saya karena ini merupakan habitat saya bisa ada disini mewakilkan bapak wakil presiden,” ungkap Prof. Muhajir.

Wirda Hanim, Ketua Pelaksana FIP-JIP 2021 mengatakan, kegiatan ini merupakan kebanggaan bagi FIP UNJ sebagai penyelenggara karena memperoleh dukungan dari berbagai pihak.

"Kami berharap forum FIP-JIP ini mampu memperkuat jalinan kerjasama dan kemitraan antar LPTK dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya dalam menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dari Kemdikbudristek," ujar Hanim.

Baca juga: Seminar Nasional LPTK: Kolaborasi dan Reflektif Jadi Kunci Penyiapan Guru Unggul

Dalam kesempatan sama, Dekan FIP UNJ, Prof. Fahrurrozi menyampaikan, kegiatan Forum FIP-JIP 2021 bertujuan mengaktualisasikan konsep dan praksis pendidikan sesuai dengan paradigma pendidikan era 4.0 yang beradaptasi dengan Program MBKM.

Selain menyiapkan kompetensi SDM, Temu Nasional FIP-FIJ juga diharapkan meningkatkan sinergitas sistem penjaminan mutu untuk mendorong akreditasi unggul dan akreditasi internasional pada setiap prodi dengan mengaktifkan peran dan fungsi Lembaga Akreditasi Mandiri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com