Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lolos Aktuaria UGM, Siswa Ini Gunakan Metode Belajar SMART

Kompas.com - 02/11/2021, 11:15 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Bagi kamu yang bermimpi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit, ada sejumlah jalur masuk yang bisa kamu lalui. Mulai dari Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN), hingga Jalur Mandiri PTN.

Namun, apapun jalur yang akan kamu pilih, kamu bisa melewatinya dengan lancar bila diikuti dengan persiapan yang tepat. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Jurusan Aktuaria Universitas Gadjah Mada (UGM), Mohammad Firdaus.

Saat kelas 12, mahasiswa yang akrab disapa Idos ini menggunakan metode SMART dalam persiapan masuk PTN. Metode tersebut sudah diterapkan Idos dalam persiapan menuju UTBK dan UTUL UGM. Membuatnya berhasil lolos menjadi mahasiswa Jurusan Aktuaria UGM. Berikut cerita Idos merangkum laman platform edukasi Zenius.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Pernah dipanggil Guru BK karena tidak kumpulkan tugas

Saat SMA, Idos merupakan siswa yang aktif dalam organisasi. Selain menjadi anak OSIS, ia juga aktif di organisasi pramuka.

"Sewaktu SMA saya aktif di OSIS dan saya anak aksel. Pernah ikut Olimpiade Sains Nasional (OSN) tapi kalah. Saya memutuskan untuk keluar aksel dan ikut organisasi pramuka," tuturnya.

Saking sibuk berorganisasi, Idos bercerita kalau dirinya sampai dipanggil oleh Guru BK karena 40 tugas sekolah belum selesai. Ia diberi waktu selama 3 hari. Bila tidak selesai juga, maka ia terancam tidak lulus.

Idos juga punya banyak "PR" untuk mempelajari mata pelajaran yang selama ini tak serius ia pelajari karena sibuk berorganisasi. Hingga akhirnya ia memutuskan untuk les. Sayangnya, banyak pelajaran yang masih tidak dimengerti.

"Sempat les tapi enggak pernah masuk di otak," paparnya.

Idos mengatakan, belajar saja ternyata tidak cukup membuatnya memahami pelajaran, apalagi meningkatkan semangat juangnya.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

Untungnya, lanjut dia, saat ia belajar menggunakan aplikasi Zenius, ia mendapatkan Zen Learning yang mampu membangun paradigma belajar. "Itulah yang jadi sistem dan cara berpikir," kata dia.

Setelah itu, Idos pun menemukan keseriusan dalam belajar hingga akhirnya lolos UTBK di ITB. Sayangnya, karena ada kebijakan yang tidak menguntungkan, akhirnya Idos mengikuti UTUL Aktuaria UGM dan lulus.

"Bisa sampai lulus dan diterima di UTUL Aktuaria UGM enggak cuma lewat belajar. Saya pakai metode SMART. Itu sangat membantu," ujarnya.

Mengenal metode SMART

Idos pun membagikan kiat untuk siswa dan mahasiswa yang ingin menggapai mimpi dengan metode SMART. Apa saja?

1. Specific

Pada saat menentukan arah tujuan, hal pertama yang harus dilakukan adalah tujuan itu harus spesifik. Karena kebanyakan orang pada umumnya, membuat tujuan yang terlalu general.

Baca juga: Siswa, Kuasai 5 Materi IPA yang Paling Sering Keluar di UTBK SBMPTN

Misalnya kamu ingin jago berbahasa inggris. Tujuan ini bisa lebih dijabarkan lagi pada hal-hal yang lebih spesifik. Seperti menguraikan 4 keterampilan berbahasa Inggris, yaitu menulis (writing), membaca (reading), mendengar (listening), dan bicara(speaking).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com