Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2021, 08:40 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

Oleh: Nayla Autar | SMAIT Nurul Ilmi, Jambi | Finalis Festival Literasi Siswa Nasional 2021

KOMPAS.com - Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2021 lalu, Fiksioner Indonesia mengadakan rangkaian kegiatan workshop, talkshow, seminar kewirausahaan dan sekaligus pemecahan rekor MURI.

Acara “Fiksioner Light-Up Entrepreneurial Spirit 2021” atau FLES 2021 berhasil memecahkan rekor MURI dengan jumlah peserta terbanyak mencapai 5.231 peserta dari 112 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur SMA Kemendikbud Ristek, Suhartono Arham, dalam pembukaan FLES 2021 mengatakan, "Indonesia masih kesulitan dalam menciptakan lapangan pekerjaan yang dapat mengurangi pengangguran di Indonesia disebabkan kurangnya keterampilan, rendahnya tingkat pendidikan, dan rendahnya kemampuan bersaing."

"Solusinya yaitu mengenalkan siswa dengan bidang enterpreneur dan bisa mengurangi tingkat pengangguran," tegasnya.

Terkait hal itu, FLES (Fiksioner Light-Up Entrepreneurial Spirit) hadir dengan tujuan membangkitkan semangat generasi muda untuk berwirausaha. Tema acara ini adalah "Pemuda Nyalakan Semangat Kewirausahaan".

Di kegiatan ini peserta dilatih menjadi seorang pengusaha, mulai dari cara mengonsep ide, menyusun model bisnis, cara, dan pengalaman para penguasa sukses dalam menjalankan perusahaannya.

Dalam kesempatan tersebut, Habib Mailul Afif, Founder Fiksioner menyampaikan, "bersama komunitas ada banyak hal yang bisa kita selesaikan, banyak masalah yang bisa kita cari solusinya bersama dan tujuan yang dicapai juga bersama."

Baca juga: Seribu Arti Kegigihan Bu Nyai

"Fiksioner diciptakan untuk menaungi teman-teman yang punya tujuan yang sama dalam kewirausahaan, kami disini ingin mencoba menyebarkan semangat kewirausahaan dari usia yang paling belia usia remaja, anak muda bisa membuat karya yang bisa dinikmati masyarakat luas," ungkap Habib.

Acara ini diawali dengan workshop yang diisi sosok inspiratif Wulan Ayodya, pendiri lembaga kursus kewirausahaan UKMKU sekaligus pengusaha SPBU, perkebunan, dan berpartner dengan usaha di bidang bis pariwisata Ayodya, hotel melati, serta suplier bahan mentah industri kecil.

Mbak Wulan, sapaan akrab Wulan Ayodya memberikan pengetahuan dasar di bidang kewirausahaan dan pengaplikasiannya melalui BMC (Business Model Canvas).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com