Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semangat Sumpah Pemuda, SMP Labschool Jakarta Deklarasi Ikrar Antiperundungan

Kompas.com - 28/10/2021, 17:26 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Mengusung semangat Sumpah Pemuda, SMP Labschool Jakarta melakukan deklarasi ikrar antiperundungan. Deklarasi ini merupakan bagian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda yang dilaksanakan SMP Labschool Jakarta secara hybrid (18/10/2021).

Secara luring apel upacara bendera peringatan Sumpah Pemuda dilaksanakan di sekolah dan diikuti perwakilan siswa, guru, orangtua dan karyawan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, sedangkan siswa lainnya mengikuti secara daring melalui platform Zoom.

"Mari kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda untuk mempererat persatuan dalam bangkit bersama melawan pandemi, serta mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia," pesan Siti Mujanah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, kepada seluruh peserta.

Terkait deklarasi program antiperundungan SMP Labschool Jakarta, kegiatan ini merupakan bagian dari Program Roots Indonesia yang dinaungi Pusat Penguatan Karakter, Kemendikbud Ristek.

SMP Labschool Jakarta, sebagai sekolah penggerak turut serta dalam program tersebut dengan memilih 30 Agen Perubahan untuk melaksanakan program yang mengarah pada kegiatan antiperundungan.

Ke-30 Agen Perubahan terpilih juga telah mengikuti pelatihan selama 10 pertemuan sekaligus menyelenggarakan deklarasi bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Ayu Novianti, selaku Ketua POMG SMP Labschool Jakarta, berharap agar melalui kegiatan ini siswa-siswi dapat tumbuh menjadi pemuda-pemudi tangguh serta dapat berkreativitas tinggi.

Penandatanganan deklarasi antriperundungan SMP Labschool Jakarta (28/10/2021)DOK. SMP LABSCHOOL JAKARTA Penandatanganan deklarasi antriperundungan SMP Labschool Jakarta (28/10/2021)
Dukungan senada juga datang dari Kepala SMP Labschool Jakarta, Asdi Wiharto, yang dalam sambutannya menyampaikan, "hal ini membuktikan bahwa dengan berbagai peran yang kita jalani, jika bersama dan bertekad yang kuat kita dapat melalui tantangan apapun yang ada di depan."

Dalam kesempatan sama, Asdi Wiharto juga mengungkapkan, rangkaian kegiatan ini merupakan hasil sinergi yang apik antara siswa, guru, serta orangtua.

Baca juga: Nadiem Makarim: Sumpah Pemuda adalah Hari Kemenangan Kita Semua

Mewakili Kepala BPS Laboratorium UNJ, Khaerudin menyampaikan rangkaian kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan perwujudan dari moto Labschool, yaitu Iman, Ilmu, dan Amal.

Selain deklarasi ikrar program antiperundungan, peringatan Hari Sumpah Pemuda di SMP LabSchool Jakarta juga diisi dengan Labs Wicara, yang terinspirasi dari Program TED Talk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com