Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbaik Versi THE, FPP Undip Serius Lakukan Internasionalisasi

Kompas.com - 27/10/2021, 18:50 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Universitas Diponegoro (Undip) kembali berkibar karena berhasil masuk peringkat 801+ kampus dunia berdasarkan pemeringkatan yang dilakukan oleh Times Higher Education (THE) by Subject 2022.

Di bidang ilmu life science, FPP Undip mendapatkan rincian nilai 8,4 untuk citations, 45 untuk industry income, 21,9 di bagian international outlooks, 7,00 untuk research, dan 11,8 di bagian teaching.

Keseluruhan skor yang diperoleh Undip di bidang life science berada di angka 8,3-19,1.

Dekan FPP Undip, Bambang Waluyo Hadi Eko Prasetiyono mengatakan capaian ini sangat membanggakan, mengingat FPP Undip terus berupaya dalam melakukan internasionalisasi.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti bagi Lulusan SMA-SMK, D1-D3 dan S1, Yuk Daftar

Ia menyebut jika prestasi yang ditorehkan oleh FPP Undip tidak terlepas dari dukungan semua civitas academica yang ada.

Menurutnya, semua program studi yang sudah terakreditasi A, mahasiswa internasional, pertukaran mahasiswa, penelitian dan pengabdian masyarakat yang intensif dilakukan oleh para dosen, hilirisasi hasil riset, dan lengkapnya sarana prasarana telah mendukung capaian tersebut.

"Ke depan diharapkan nama FPP Undip semakin berkibar dan dikenal dunia," ujarnya seperti dilansir dari laman Undip, Rabu (27/10/2021).

Ke depan, lanjutnya, FPP Undip akan semakin banyak menyelenggarakan kuliah umum dan dosen tamu yang berasal universitas top dunia.

Termasuk menyelenggarakan pertukaran mahasiswa dan dosen di tingkat internasional, melakukan kerja sama penelitian dengan universitas mitra di luar negeri, semakin masif menyelenggarakan summer school, hingga metode perkuliahan dengan pengantar bahasa inggris.

Baca juga: Beasiswa S1 Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 10 Juta Per Bulan

Dalam THE by Subject 2022, peringkat Undip di bidang life science berada di peringkat 4.

Peringkat pertama diduduki oleh Universitas Indonesia dengan score 19,15. Setelahnya ada Universitas Hassanudin dengan capaian nilai 16,22. Disusul Universitas Airlangga dengan capaian 12,1325.

Barulah Universitas Diponegoro dengan nilai 10,9275. Di bawahnya ada Universitas Padjadjaran dengan nilai 10,1. Baru di peringkat keenam adalah Universitas Brawijaya dengan capaian nilai 9,7875.

Jika tren positif ini dijaga maka sangat mungkin peringkat Undip di bidang life science bisa terus naik dan menjadi yang terbaik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com