Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berhadiah Teleskop, Itera Adakan Lomba Cerdas Cermat Astronomi

Kompas.com - 23/10/2021, 12:28 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, mengamati dan mempelajari tentang benda-benda langit tentu menjadi sesuatu yang mengasyikkan.

Siswa yang sejak di bangku sekolah sudah tertarik dengan benda-benda langit pun bisa melanjutkan pendidikan di jurusan Astronomi.

Agar makin luas pengetahuanmu dengan benda langit, lomba yang diadakan Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL) Institut Teknologi Sumatera (Itera) Lampung ini cukup menarik.

OAIL Itera mengadakan kompetisi lomba cerdas cemat astronomi tingkat nasional 2021. Lomba ini diadakan untuk tiga kategori yaitu kategori SMP, SMA atau sederajat hingga mahasiswa dan umum.

Baca juga: Pakar UGM: Munculnya Gelombang Ketiga Covid-19 Tergantung Masyarakat

Syarat ikut lomba cerdas cermat astronomi

Pendaftaran lomba cerdas cermat ini sudah dibuka sejak 27 September hingga 1 November 2021 mendatang.

Ketua panitia lomba cerdas cermat astronomi Alfiah Rizky menjelaskan,ada beberapa ketentuan pendaftaran diantaranya:

1. Peserta wajib mengisi formulir online

2. Mengunggah identitas diri seperti KTP/ KTM/Kartu Pelajar

3. Mengunggah bukti pembayaran pendaftaran senilai Rp 35.000 per orang.

"Selain itu, setiap tim terdiri dari tiga orang, baik untuk kategori SMP, SMA, atau mahasiswa dan umum," kata Alfiah Rizky seperti dikutip dari laman Itera, Sabtu (23/10/2021).

Baca juga: Webinar UNS Bagikan Tips Agar Mahasiswa Siap Masuki Dunia Kerja

Berhadiah teleskop jenis F70060

Alfiah menyampaikan, dalam lomba ini para juara pertama di tiap kategori berhak mendapatkan hadiah berupa satu unit teleskop jenis F70060, medali, sertifikat dan uang pembinaan.

"Tahun ini, kami menambah kategori lomba untuk mahasiswa dan umum, dengan harapan masyarakat yang tertarik dengan pengetahuan astronomi semakin banyak," ungkap dia.

Menurut Alfiah lomba cerdas cermat astronomi ini sengaja diadakan OAIL Itera dengan harapan dapat menumbuhkan antusiasme para pelajar dan masyarakat umum pada bidang astronomi.

Sekaligus bisa menambah pengetahuan mengenai benda-benda langit. Selain itu, melalui sebuah kompetisi diharapkan juga muncul rasa sportivitas antarpeserta.

"Tahun ini, kami menambah kategori lomba untuk mahasiswa dan umum, dengan harapan masyarakat yang tertarik dengan pengetahuan astronomi semakin banyak," beber Alfiah.

Baca juga: Kokola Biskuit Buka 9 Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK hingga S1

Babak penyisihan lomba, lanjutnya, dilaksanakan pada 5 November 2021 mendatang dan semi final dan final dilaksanakan pada 6 November 2021.

"Untuk informasi mengenai lomba cerdas cermat astronomi ini bisa mengakses akun media sosial Instagram resmi OAIL Itera @oail.itera," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com